oleh

Petugas Gabungan Evakuasi TKI yang Terlantar di Hutan Bakau Asahan

Rakyatsumut.com, Satuan Polair Polres Tanjung Balai dan Direktorat Polairud Polda Sumatera Utara mengevakuasi 13 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Malaysia yang terlantar di hutan bakau perairan Asahan. Belasan TKI itu diduga ditelantarkan oleh kapal yang mengangkutnya dari Malaysia di pinggiran hutan bakau di Desa Sei Sembilang, Kecamatan Sei Kepayang Timur, Kabupaten Asahan, Jumat (1/5) dinihari.

Beruntung saat itu tim patroli gabungan mengetahui keberadaan mereka dan langsung melakukan evakuasi dari kawasan hutan bakau perairan Asahan.

“Melihat ada kumpulan orang-orang, tim patroli mencoba mendekat dan menyaksikan bahwa mereka adalah para TKI ilegal yang ditelantarkan oleh kapal yang membawa mereka dari Malaysia ke Indonesia,” kata Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira.

BACA JUGA:

Dijelaskannya, tim patroli menemukan sekelompok TKI yang terlantar itu sekira pukul 10.00 WIB, setelah tim melakukan patroli sejak dinihari. Tim patroli selanjutnya membawa belasan warga Indonesia itu ke Dermaga Sat Pol Air Polres Tanjung Balai, Jalan Asahan Kelurahan Indra Sakti, Kacamatan Tanjung Balai Selatan Kota Tanjung Balai.

Setelah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjung Balai, evakuasi pun dilakukan terhadap 13 TKI tersebut.

“Adapun jumlah TKI yang diamankan sebanyak 13 orang di antaranya 12 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Diantara TKI itu terdapat 11 orang asal Asahan dan 2 orang warga Tanjung Balai,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Putu, dilakukan tindakan prosedur penanganan Covid-19 dengan menyemprotkan cairan disinfektan serta pemeriksaan barang bawaan mereka. Belasan TKI itu tampak lemas diduga lantaran belum mendapatkan makanan sejak dalam perjalanan.

“Ternyata mereka sudah dua hari dua malam berada di tengah laut, sehingga bersama Danlanal Tanjung Balai Asahan kita beri mereka makan sebelum pemeriksaan lanjutan,” kata AKBP Putu Yudha.

Satu persatu TKI itu kemudian dilakukan pemeriksaan di Posko Induk Gugus Tugas COVID-19 Kota Tanjung Balai di Jalan D.I.Panjaitan, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai.

“Dari hasil pemeriksaan kesehatan, para TKI dinyatakan negatif terindikasi COVID-19 dan akan dipulangkan kepada Pemda masing-masing atau kepada keluarganya,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed