oleh

Hari Ini Medan Jalani Cluster Isolation, Ada Sanksi Bagi Warga ‘Bandel’

Rakyatsumut.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan telah menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait karantina penanganan Covid-19 dengan sistem Cluster Isolation. Dan Perwal tersebut mulai berlaku pada hari ini, Jumat 1 Mei 2020.

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan, peraturan tersebut dibuat dan dilakukan setelah pemerintah mengikuti perkembangan terkait Covid-19 di Kota Medan.

“Perwal ini akan ditandatangani dan akan mulai efektif pada Jumat (1/5/2020) besok,” katanya kepada wartawan pada Kamis (30/4/2020).

Dengan telah ditandatanganinya Peraturan Wali Kota tersebut, maka seluruh warga Kota Medan wajib mengikuti aturan terkait Cluster Isolation. Apa saja, berikut penjelasannya:

1. Warga Wajib Memakai Masker

Akhyar menyebutkan bahwa pelaksanaan Perwal akan berfungsi untuk skrining pembatasan ruang gerak masyarakat, sehingga akan memutus rantai penyebaran virus. Dan seluruh masyarakat diwajibkan memakai masker jika harus terpaksa keluar rumah.

“Pada tahap awal ini semuanya wajib pakai masker. Karena masker sudah banyak beredar. Jadi tidak ada alasan tidak pakai masker,” tuturnya.

2. Pemko Medan Distribusikan Masker Melalui Lurah

Sebagai upaya menghentikan penularan virus, Pemerintah Kota Medan akan mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker kepada warga. Ribun masker akan disalurkan melalui lurah setiap kelurahan yang ada.

“Pemko Medan juga akan mendistribusikan 3.000 masker ke setiap kelurahan. Tambahan yang dilakukan gugus tugas,” sambung Akhyar.

3. Akan Dilakukan Karantina Rumah Bagi Warga yang Mengalami Gejala Ringan

Dikatakan Akhyar, setiap warga yang masuk dalam kategori sebagaimana telah ditentukan yakni Pelaku Perjalanan (PP), Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang ringan, akan dilakukan karantina rumah.

“Orang-orang tersebut nantinya wajib di karantina rumah serta diberikan hak hidupnya yang standar dan layak menurut kemampuan yang ada,” jelasnya.

4. Terbukti Melanggar, Ada Sanksi Administratif

Bagi warga yang masih ‘membandel’ dengan aturan yang telah tertuang dalam Perwal, maka kata Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution, akan ada sanksi yang bersifat administrasi.

“Ada juga yang ditangani pihak kepolisian,” tambahnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed