oleh

Gempa Padang Lawas, Warga: Seperti Ada Truk Sedang Lewat

Rakyatsumut.com, Gempa tektonik berkekuatan cukup besar mengguncang Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara sore ini, Kamis (30/4/202) sekira pukul 15:20 Wib.

Analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo M=5,6 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi M=5,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.19 LN dan 99.46 BT. Tepatnya di darat, 24 km Barat Laut Kabupaten Palas pada kedalaman 16 km.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Palas merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatera.

Aseng, salah seorang warga Huta Lombang, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Palas, saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan getaran akibat gempa dirasakan nyata dan kuat di dalam rumah.

“Terasa kali gempanya, rasanya seperti ada truk besar sedang lewat di depan rumah. Begitu lah kira-kira,” jelas Aseng kepada Rakyatsumut.com.

BACA JUGA:

Dari informasi yang dihimpun oleh Rakyatsumut.com, guncangan gempa juga dirasakan menyeluruh di daerah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), dan Kota Sibolga.

Kartika Harahap, warga LK. VI Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kabupaten Paluta, mengatakan guncangan akibat gempa tersebut juga terasa cukup kuat di Gunung Tua.

“Guncangannya cukup bikin khawatir, kami sempat juga keluar rumah untuk antisipasi mana tau ada gempa susulan,” tutur Kartika.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan terkait dampak yang disebabkan oleh gempa tersebut. Dan dari hasil pemodelan oleh BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed