oleh

Di Tengah Pandemi Corona, Kegiatan Unik Ini Akan Dirindukan Saat Jalani Puasa

Rakyatsumut.com, Bulan Ramadhan pun tiba, bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam. Bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan dari Yang Mahakuasa.

Di Indonesia, ada 3  kegiatan unik yang kerap dilakukan oleh umat Islam selama bulan Ramadhan. Kegiatan-kegiatan unik tersebut sangat melekat dan mungkin hanya dilakukan oleh umat Islam di Indonesia saja.

Namun dalam menjalani bulan Ramadhan kali ini akan terasa berbeda, tidak akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Tiga kegiatan unik tersebut terpaksa tidak akan kita dapati lagi dalam Ramadhan tahun ini, dan akan menjadi hal yang sangat dirindukan saat menjalani puasa Ramadhan tahun ini.

Pasalnya, pasca merebaknya pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di berbagai wilayah Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan berbagai imbaun dan larangan guna menekan dan mencegah resiko penularan dan penyebaran pandemi tersebut.

Kegiatan unik apa saja yang akan sangat kita rindukan itu?

  1. Bangunkan Sahur Keliling

Di berbagai daerah di Indonesia, untuk mengingatkan waktu sahur tidak cukup dengan menggunakan alarm dan imbauan dari Masjid saja. Ada kegiatan unik yang kerap dilakulan oleh segerombol remaja yang akan membangunkan sahur keliling kampung atau kompleks.

Berbagai macam alat pukul dan bahkan pengeras suara akan mereka gunakan. Segala macam alunan suara kegaduhan dari pukulan kaleng, ember, drum akan mereka perdengarkan. Tak peduli memekakkan telinga, ajakan bangun untuk shaur akan terus diteriakkan hingga si penghuni rumah yang mereka lewati menyahut sebagai pertanda sudah bangun.

BACA JUGA:

  1. Ngabuburit

Istilah Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, dari kata ‘burit’ yang artinya sore. Ngabuburit jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘nyore’, bisa juga diartikan melakukan kegiatan untuk menghabiskan waktu di sore hari.

Istilah ngabuburit ini identik dengan melakulan kegiatan di sore hari sambil menunggu adzan maghrib menjelang berbuka puasa saat bulan Ramadhan. Dan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat saat ngabuburit, yaitu keliling jalan-jalan sore sambil bercengkrama dengan teman-teman untuk berburu takjil.

  1. Buka Puasa Bersama

Tentunya, berbuka puasa merupakan saat yang sangat dinanti oleh umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Serunya, saat bulan Ramadhan berbuka puasa bisa dijadikan sebagai momen untuk ajang silaturahmi, yakni dengan menggelar kegiatan buka puasa bersama.

Biasanya, di bulan Ramadhan ajakan demi ajakan untuk buka puasa bersama akan banyak berdatangan, baik dari saudara, teman dekat, teman lama maupun teman kantor. Tak bisa dipungkiri, kehebohan dan keseruan buka puasa bersama akan menambah keistimewaan tersendiri dalam memaknai Ramadhan.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed