oleh

Pandemi Covid-19, Seluruh Masjid di Paluta Tetap Laksanakan Sholat Tarawih

Rakyatsumut.com, Di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, sholat tarawih berjamaah di masjid tetap digelar di tengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Salah satunya di Masjid Jami Ar Ridho Lingkungan VI Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta. Warga tampak sangat antusias untuk melaksanakan sholat tarawih, hal itu sangat terlihat pada malam kedua pelaksanaan sholat tarawih di masjid ini. Sebab meski diguyur hujan deras sejak maghrib tadi, masjid ini masih tetap dipadati oleh jamaah.

H Sutan Ibrahim Dalimunthe, salah seorang jamaah, yang juga Tokoh Masyarakat di Lingkungan VI tersebut, mengaku gembira menyambut Ramadhan tahun ini, karena masih bisa sholat tarawih berjamaah di masjid meski pelaksanaannya di tengah pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, Paluta sampai saat ini masih aman dari Corona, sehingga masih tetap melaksanakan sholat tarawih berjamaah di Masjid. Lagipula jamaah di Masjid ini tidak ada jamaah luaran, masih dari lingkungan di sini juga,” ungkapnya, Jum’at (24/4/2020).

Ia juga bercerita, sebelumnya Pemkab Paluta sudah memutuskan, bahwa pelaksanaan salat tarawih masih tetap bisa dilakukan di Masjid, namun dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan resiko penyebaran Covid-19.

“Keputusan tersebut tertuang dalam Imbauan Bersama Pemkab Paluta bersama Kepala Kankemenag, DP.MUI, BAZNAS, BSPP, IPHI, FKUB, PC.NU dan PD.Al.Wasliyah Kabupaten Paluta, tertanggal 16 April 2020 lalu,” jelasnya.

Terpisah, Ramli Tanjung, selaku Kepala Lingkungan VI, mengimbau kepada warga untuk tetap mengindahkan anjuran-anjuran pemerintah terkait pencegahan dan penanganan resiko penyebaran Covid-19 ini.

Menurutnya, pencegahan dan penangan pandemi ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Namun warga juga harus ambil andil dan berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Lingkungan VI Pasar Gunung Tua.

“Dan untuk anak-anak muda, kegiatan buka bersama diluar, ngabuburit, maupun sahur on the road. Selama pandemi Corona ini harus ditiadakan dulu,” tegasnya.

Laporan : Rifai Dalimunthe

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed