oleh

Data OTG di Tapteng Mendekati Seribu Orang, Dipicu Arus Mudik

Rakyatsumut.com, Data Orang Tanpa Gejala di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara terus mengalami penambahan jumlah dan mendekati angka 1.000 orang.

Dikutip dari laman resmi covid19.tapteng.go.id, jumlah OTG per hari Jumat (24/4/2020), jumlah OTG mencapai 818 orang yang tersebar di 20 kecamatan. Hari sebelumnya data OTG sebanyak 728 orang, atau mengalami penambahan sebanyak 90 orang.

Sementara itu data Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga mengalami penambahan dari 43 orang di hari sebelumnya menjadi 49 orang pada hari ini. Atau bertambah sebanyak 6 orang.

Data sebaran OTG dan ODP di Tapanuli Tengah, per 24 April 2020. Foto: Tangkapan layar
Data sebaran OTG dan ODP di Tapanuli Tengah, per 24 April 2020. Foto: Tangkapan layar

Terkait ini penambahan jumlah OTG tersebut, Kabid di Dinkes Tapteng, Ewiyah menuturkan, arus mudik masyarakat yang terus berdatangan menjadi pemicu.

“Iya benar, banyak yang mudik, dan mereka datang dari daerah transmisi lokal, ada yang dari Jakarta dan beberapa daerah lain, karena itu kita tetapkan sebagai OTG,” kata Ewiyah.

BACA JUGA:

Diketahui penegasan agar tidak mudik di bulan puasa kali ini terus diimbau pemerintah. Tidak saja oleh pemerintah daerah, Presiden Joko Widodo dalam beberapa kali kesempatan juga telah menegaskan agar masyarakat tidak melakukan mudik, untuk mencegah potensi penularan covid-19.

Tidak itu saja berbagai kebijakan juga dikeluarkan. Di antaranya menghentikan penerbangan domestik. Per hari ini, Kemenhub menegaskan larangan penggunaan transportasi untuk mudik ini berlaku untuk  keluar masuk di wilayah-wilayah PSBB,  Zona Merah Penyebaran Covid-19 dan aglomerasi yang sudah ditetapkan sebagai PSBB

“Mengingat karasteristik moda udara yang spesifik, kepada operator penerbangan diberikan kesempatan untuk melaksanakan kewajibannya kepada penumpang  sampai dengan hari ini dengan reservasi lama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid 19. Mulai hari ini tidak ada reservasi baru,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati di Jakarta hari ini.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed