oleh

Medan Terapkan Cluster Isolation, Plt Wali Kota: Menunggu Perwal Selesai

Rakyatsumut.com, Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan, tidak akan mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, akan menerapkan konsep Isolasi Kluster (Cluster Isolation) dalam penanganan Covid-19 di Kota Medan.

“Kota Medan tidak akan melaksanakan PSBB, tapi akan menerapkan Cluster Isolation,” ungkap Akhyar Nasution, Kamis (23/4/2020).

Akhyar mengatakan, saat ini warga yang positif Covid-19 dan berstatus Pasien Dalam Pengawasan sudah menjalani isolasi di rumah sakit. Sementara, warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) masih berkeliaran di jalanan.

“Melalui Cluster Isolation ini, merekalah yang akan kita isolasi agar tidak berkeliaran,” ujarnya.

Dikatakan Akhyar, konsep Isolasi Kluster (Cluster Isolation) akan secepatnya diterapkan untuk mencegah penularan Virus Corona di Kota Medan. Sementara saat ini draf Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang Cluster Isolation sedang dipersiapkan.

“Insya Allah begitu draf perwal selesai, maka kita akan menerapkan cluster isolation,” tegasnya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera, Kota Medan menjadi wilayah terbanyak angka Pasien Dalam Pengawasan.

Sedangkan Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan mencatat ada 69 kasus positif Covid-19. Dari angka tersebut 15 orang dinyatakan sembuh, dan 46 orang masih dirawat.

“Insya Allah dengan cluster isolation ini, semoga kita dapat mengatasi COVID-19,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed