oleh

Kasus Pertama, PDP Covid-19 di Rantauprapat Melahirkan

Rakyatsumut.com, Pertama kali terjadi, seorang pasien berstatus Pasien Daalam Pengawasan (PDP) di Sumatera Utara melahirkan. Peristiwa itu terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah mengatakan, pasien yang melahirkan tersebut berasal dari Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan melahirkan di RSUD Rantauprapat pada Rabu (22/4/2020) pagi.

“Ini merupakan kasus pertama di Sumatera Utara, pasien dengan hasil Rapid Test dua kali yang hasilnya positif, berhasil melahirkan,” jelas Aris.

Dikatakan Aris, kondisi pasien dan bayinya juga dalam keadaan baik. Sementara untuk proses persalinan berjalan dengan normal. Dan saat ini keduanya sedang menjalani perawatan lanjutan.

Terkait apakah sang bayi berpotensi akan tertular mengingat ibunya merupakan pasien yang hasil Rapid Test dua kali menunjukan reaktif Covid-19, Aris menjelaskan hal tersebut belum dapat dipastikan sebab harus dilakukan pemeriksaan.

Pun demikian, Aris mengatakan hingga saat ini sang ibu belum terkonfirmasi positif berdasarkan hasil uji Swab dengan metode PCR.

“Kita berdoa semoga hasil swab-nya negatif, begitu pula dengan bayinya,” ucapnya.

Berdasarkan data penanganan Covid-19 dari Gugus Tugas Sumatera Utara yang disampaikan melalui streaming, menyatakan jumlah Pasien Dalam Pengawasan saat ini berjumlah 153 orang. Sedangkan untuk pasien yang dinyatakan positif baik dari hasil Rapid Test maupun uji Swab melalui PCR berjumlah 111 orang.

“Dari hasil swab melalui PCR ada 93 orang dan melalui Rapid Test 18 orang. Sementara untuk jumlah ODP ada 2.134 orang,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed