oleh

Hasil Swab Test Warga Sipoholon Negatif Covid-19

Rakyatsumut.com, Siaran Pers Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara Indra Simare-mare melaporkan perkembangan terkini hasil Swab Test Pasien TS asal Sipoholon, Rabu (22/4/2020).

Melalui keterangan tertulis yang diterima Rakyatsumut.com, Indra menjelaskan, kronologi pengobatan atas nama pasien TS yang beralamat di Sipoholon. Dimana, Riwayat Pasien TS berusia 61 tahun, RM: 121868, berobat dan masuk IGD RSU Tarutung tanggal 10 April 2020 dengan keluhan nyeri ulu hati dan ada gambaran Bronkitis dan Pneumonia hasil thorax foto, setelah sebelumnya berobat di Puskesmas Habinsaran pada 8 April lalu. Setelah dilakukan Rapid test pada 13 April, diperoleh hasil reaktif (positif), kemudian dirujuk ke RSU Pirngadi 15 April 2020.

Selanjutnya, kata Indra, pihaknya melakukan tracing (penelusuran kontak-red) dan ditemukan RS berusia 48 Tahun, RM: 190577, Rapid Test reaktif dalam dua kali pemeriksaan, yakni 16 April dan 21 April.

Sedangkan riwayat pasien RS kontak dengan TS tanggal 8 April 2020 sewaktu memberikan obat di puskesmas Situmeang Habinsaran. Tetapi untuk (pasien-red) RS ini, belum keluar hasil Swab Test.

Dijelaskan, setelah dilakukan Rapid Test hasilnya reaktif (positif-red). Sesuai protokol kesehatan Covid-19 dilanjutkan pemeriksaan Swab test. Pagi tadi, Rabu (22/4/2020) Gugus Tugas Taput menerima surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara menginformasikan pasien atas nama TS yang beralamat di Sipoholon hasilnya Negatif.

“Sangat bersyukur hasilnya negatif, kita lega. Kita sudah lakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19 untuk menghindari penyebaran. Dengan kesigapan dan kewaspadaan yang baik, kita sudah melakukan yang terbaik untuk kesehatan masyarakat Taput. Puji Tuhan hasilnya negatif,” kata Indra.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Tapanuli utara, melalui Jubir Gugus Tugas, Indra menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Taput yang patuh terhadap imbauan pemerintah.

“Terimakasih kepada masyarakat Tapanuli Utara yang sudah patuh mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan keluarnya hasil yang menyatakan negatif, bukan berarti kita jadi lengah. Kita harus tetap waspada. Setiap ada orang yang mengalami gejala, segera dilaporkan. Orang keluar atau masuk Taput tetap diperiksa dengan ketat,” imbuhnya.

Editor: Rommy Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed