oleh

6 Tips Biar Gak Bosan di Rumah Ala Chef Daqen

Rakyatsumut.com, Pandemi Covid-19 membuat berbagai aktifitas di setiap kalangan terbatasi seiring dengan himbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Terkait hal tersebut, Chef Daqen Septoadji memberikan enam tips supaya tinggal di rumah tidak membosankan melalui konfrensi pers di Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Yang pertama, kata Daqen, makan seimbang dan bervariasi. Upaya yang dapat dilakukan semua kalangan adalah mengomsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Kemudian biji-bijian dan protein terutama protein hewani. Protein dapat dengan mudah kita peroleh dari ayam, susu dan telur.

“Untuk porsinya, lebih baik makan dalam jumlah yang sedikit tapi sering, daripada makannya terlalu rakus tapi jarang (mengomsumsi-red),” ujarnya.

BACA JUGA:

Kedua, mendirikan rutinitas dan makan dengan penuh perhatian. Jika Anda telah terbiasa bangun pagi, lanjut Daqen, maka tetap lakukan hal tersebut untuk menghindari bermalas-malasan.

“Terkait dengan makan penuh perhatian, jangan jadikan aktifitas makan menjadi aktifitas sekunder, tetapi harus menjadi aktifitas primer karena makan itu sendiri merupakan kebutuhan,” imbuhnya.

Ketiga, pastikan kita minum air putih yang cukup seharian. Jumlah minimum yang disarankan adalah: untuk anak kecil 1 hingga 1,5 liter per hari dan untuk orang dewasa 1,5 hingga 2 liter perhari.

Keempat, mempratekkan kebersihan makanan yang aman. Pastikan bahan dan peralatan untuk memproduksi makanan dicuci terlebih dahulu sebelum makanan disajikan.

Kelima, tetap aktif di rumah. Sebaiknya, manfaatkan waktu untuk melakukan aktifitas yang digemari bersama anggota keluarga. Seperti memasak, kebersihan, menari, berolahraga atau bahkan meditasi.

Terakhir, istirahat yang cukup dan berkualitas. Jadwal istirahat mungkin penting bagi Anda agar bisa menjalankan istirahat yang baik dan benar.

“Kita mungkin harus punya jadwal untuk beristirahat, itu sangat penting, untuk kita jadikan sebagai acuan dalam beristirahat. Jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik, jaga jarak dan tetap tinggal di rumah,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed