oleh

Gugus Tugas Sumut Imbau Masyarakat Tidak Diskriminasi Pasien Covid-19

Rakyatsumut.com, Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara mengimbau masyarakat agar tidak memberi stigma negatif terhadap pasien yang terpapar Virus Corona.

Hal tersebut dijelaskan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah. Dikatakan Aris, stigma akan mendorong pada tindakan diskriminasi pada pasien.

“Hal tersebut dikhawatirkan dapat menjatuhkan mental para penderita. Begitu pula bagi yang sudah sembuh, tidak perlu dijauhi,” ujarnya saat konferensi pers secara live, Senin (20/4/2020).

Dijelaskan Aris, semestinya yang harus dilakukan terhadap penderita adalah mendorong dan memberi dukungan kepada pasien yang ada dilingkungan masyarakat. Sehingga rasa optimis tetap tertanam dan menjadi semangat bersama.

“Tidak perlu takut, tetapi tentu tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan dan disiplin sesuai arahan. Masker tetap harus digunakan dan menjaga jarak,” ungkapnya.

Selain mengimbau agar tidak mendiskriminasi pasien Covid-19, Aris juga menjelaskan bahwa saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara telah mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada 33 kabupaten/kota se-Sumut.

APD yang telah disalurkan berupa Coverall 4.825 buah, masker 37.725 helai dan sarung tangan 35.300 pasang.

“APD ini diperuntukkan guna membantu lebih kurang 600 pusat kesehatan masyarakat sebagai fasilitas kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” jelasnya.

Aris juga menginformasikan update data pasien yang terpapar Covid-19 hingga Senin (20/4/2020) yakni jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 148 orang. Sementara untuk jumlah yang positif 133 pasien.

Dan untuk pasien sembuh telah berjumlah 13 orang. Sedangkan pasien meninggal sejumlah 10 pasien.

“Positif dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) sebanyak 83 orang, positif dengan metode Rapid Test sebanyak 23 orang,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed