oleh

Anggota DPRD Sumut: Masalah Sekarang itu APD di Masyarakat

Rakyatsumut.com, Anggota DPRD Sumatera Utara, Tangkas Manimpan Lumbantobing mengatakan saat ini minimnya Alat Pelindung Diri (APD) bagi masyarakat menjadi persoalan.

“Masalah sekarang itu APD di masyarakat,” ucap Tangkas menjawab wartawan saat melakukan monitoring penangan covid-19 di Tapanuli Tengah, Selasa (21/4/2020).

Menurut Tangkas persoalan itu terjadi di daerah-daerah dimana dirinya dan sejumlah anggota DPRD lainnya telah melakukan monitoring. Dan saat ini, lanjut Tangkas, pengadaan APD tersebut sedang dikordinasikan di tingkat provinsi.

“Provinsi lagi membuat permintaan dari Kabupaten Kota yang mungkin akan didistribusikan dari Provinsi,” kata legislatif dari fraksi Demokrat ini.

Sebelumnya Plt Ketua DPC Demokrat Tapteng tersebut menyebut, monitoring yang dilakukan pihaknya untuk mengetahui persoalan yang dihadapi daerah kabupaten dan kota dalam menangani covid-19.

Apalagi beberapa hari lalu, kata Tangkas, DPRD Sumut dan Gubernur Sumatera Utara telah menggelar pertemuan, dimana DPRD telah menyetujui usulan program dari Gubernur dalam penanganan covid-19.

“Dengan catatan harus ada laporan dan pendataan. Dan karena itu kita turun ke lapangan untuk mengetahui lebih dalam apa yang sudah diterima dan apa yang dibutuhkan (masyarakat),” katanya.

BACA JUGA:

Belum Ada Bantuan Langsung Tunai

Sementara Pantas menyebut, sepengetahuannya belum ada realisasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Provinsi Sumatera Utara. Meski dia menyebut, bantuan itu ada dengan kemungkinan penyaluran senilai Rp200 ribu per kepala keluarga.

“Belum ada bantuan langsung itu, tapi ke depan akan ada, dan kemungkinan itu sebesar Rp200 ribu per kepala keluarga, sesuai permintaan daerah, sesuai jumlah masyarakat yang mendapatkan,” kata Tangkas.

Jika Diperlukan DPRD Akan Minta Gubernur Berlakukan PSBB

Terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Tangkas menuturkan pihaknya siap mendorong Gubernur, jika kondisi memang membutuhkan. Meski Tangkas mengakui masih ada pertimbangan lain, mengapa PSBB belum diberlakukan di Sumatera Utara.

“Mungkin saat ini dengan pertimbangan lain, belum dilakukan,” tutupnya.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed