oleh

Dirjen Kemenkes Minta Orang Tua Perhatikan Kebutuhan Gizi Anak Saat Pandemi Covid-19

Rakyatsumut.com, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr Kirana Pritasari MQIH meminta para orang tua untuk semakin memperhatikan kebutuhan gizi anak pada saat pandemi COVID-19.

dr Kirana mengatakan pemenuhan gizi anak harus tetap diperhatikan untuk menjaga imunitas anak agar terhindar dari infeksi virus COVID-19.

“Imunitas tubuh erat kaitannya dengan cukup atau tidaknya asupan makan anak, yang akan berpengaruh langsung terhadap status gizi dan imunitasnya,”ujar dr Kirana Pritasari MQIH, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (20/4/2020).

BACA JUGA:

Ia menjelaskan, dengan asupan makan yang cukup, baik jumlah, jenis, dan frekuensinya maka imunitas akan terjaga sehingga anak mampu menangkal penyakit infeksi, atau setidaknya bila terlanjur terinfeksi maka dapat cepat sembuh kembali.

“Anak yang tertular COVID-19 akan menjadi lebih berisiko, ketika anak memiliki penyakit penyerta seperti pneumonia. Dengan demikian mempertahankan status gizi anak jangan sampai turun bagi yang normal, dan memperbaiki status gizi pada anak-anak gizi kurang dan buruk menjadi sangat penting,” katanya.

Kirana mengingatkan keterbatasan penghasilan orang tua dapat memberikan efek domino yang menyebabkan penurunan daya beli.

“Bila tidak diimbangi dengan kemampuan ibu memilah makanan bergizi sesuai kemampuan dapat berdampak terhadap asupan makan anak yang mempengaruhi status gizinya,”katanya.

“Oleh karena itu, ketersediaan pangan di rumah tangga dan pengetahuan orang tua terhadap pemilihan bahan makanan bergizi dengan harga yang terjangkau menjadi perhatian khusus,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed