oleh

Bupati Taput: Posko Desa Boleh Tegas Tapi Tidak Perlu Ketat yang Berlebihan

Rakyatsumut.com, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, kembali melakukan peninjauan pada 21 Posko Desa di Kecamatan Sipoholon dan Kecamatan Siborong-borong, Minggu kemarin.

Peninjauan kali ini bertujuan untuk memastikan seluruh posko desa bekerja sesuai Standar Opeasional Prosedur (SOP), termasuk tidak memungut uang.

“Posko Desa boleh tegas tapi tidak perlu ketat yang berlebihan. SOP posko harus selalu jadi acuan dalam bertugas, tidak perlu ada minum tuak yang mengakibatkan salah pengertian, apalagi sampai meminta-minta uang, hanya diperbolehkan menerima apabila diberikan dengan sukarela tanpa perlu diminta,” kata Nikson.

Pada setiap posko desa, Nikson membagikan masker dan bantuan logistik sembari berpesan agar seluruh relawan melakukan pemeriksaan dengan baik dan sopan.

“Apabila ada yang mencapai 39 derajat segera laporkan ke Puskesmas untuk ditindaklanjuti. Seluruh fasilitas dan peralatan yang disediakan bukan untuk dibawa pulang, artinya alat itu harus tetap ada di posko,” jelas Nikson Nababan.

BACA JUGA:

“Kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir, mari kita berdoa agar cepat berlalu. Untuk itu kita semua harus tetap berjaga dan berjuang bersama agar penyebaran Virus Corona ini tidak terjadi di tengah-tengah kita. Terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung pendirian posko terutama para relawan yang bertugas, tetap jaga kesehatannya, minumlah minuman yang berkhasiat untuk mendukung kesehatan tubuh,” timpalnya.

Sepanjang perjalanan di 2 kecamatan menggunakan kendaraan roda dua, Nikson Nababan menghimbau masyarakat untuk tidak berkerumun dan tetap menggunakan masker.

“Semua warga wajib menggunakan masker terutama saat keluar rumah demi diri sendiri dan kesehatan bersama. Masyarakat juga kita sarankan untuk mengadakan masker secara mandiri dan swadana, apalagi bagi warga yang mampu tidak perlu harus mengharapkan masker bantuan,” tutup Nikson.

Turut mendampingi peninjauan tersebut, Indra Sahat Simaremare selaku Sekretaris Daerah, Alexander Gultom selaku Kadis Kesehatan, Janri Nababan selaku Direktur Rumah Sakit Tarutung, Rudi Sitorus selaku Kasatpol PP.

Selanjutnya Doni Simamora selaku Kadis PMD, Heber Tambunan selaku Kadis Lingkungan Hidup, Erikson Siagian selaku Kadis Perhubungan, Bonggas Pasaribu selaku Kepala BPBD dan Josua Situmeang selaku Kabag Tapem serta camat masing-masing kecamatan yaitu Richand Situmorang dan Josua Napitupulu.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed