oleh

Jubir Gugus Tugas Paluta: ODP dan PDP Bukan Aib

Rakyatsumut.com, Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Lairar Rusdi Nasution, kembali mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk tidak mengucilkan, mengusir atau menghukum warga beserta keluarganya yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Katanya, untuk bisa melewati masa-masa sulit akibat pandemi ini masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama dalam mencegah penyebarannya untuk tidak semakin meluas.

“Covid-19 bukanlah suatu penyakit yang memalukan. ODP dan PDP bukanlah aib, tidak ada yang mau diantara kita kena musibah,” jelas Lairar, Minggu (19/4/2020).

Ia juga berpesan kepada mereka yang masuk dalam kategori ODP maupun PDP untuk tidak panik, dan agar orang-orang sehat tidak perlu bersikap berlebihan terhadap pasien Covid-19.

“Yang sehat jangan takut kepada mereka yang sedang dalam pengawasan. Jangan sampai memberikan stigmatisasi hingga dapat mendorong tindakan diskriminasi kepada mereka. Ikuti anjuran pemerintah, dan tetap jaga kesehatan,” kata Lairar.

Ia pun meminta masyarakat untuk mengedukasi keluarganya akan sikap tersebut. Supaya semua paham dan tidak melakukan tindakan diskriminatif terhadap mereka yang masuk kategori ODP maupun PDP.

“Mari perbanyak doa. Ini adalah momen yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, bukan malah menambah dosa dengan menyebar fitnah,” pungkasnya.

Laporan : Rifai Dalimunthe

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed