oleh

Kasus Pertama di Deliserdang, Pelajar Berstatus PDP Meninggal Dunia

Rakyatsumut.com, Seorang pelajar berstatus Pasien Dalam Pengawasan (DPD) Covid-19 di Kabupaten Deliserdang meninggal dunia di Rumah Sakit Citra Medika Tembung, Jumat (17/4/2020) sore.

Pelajar yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) tersebut berinisial RO (16) warga Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang.

Sebelum meninggal dunia, korban yang tercatat sebagai pelajar yang duduk di kelas IX SMP itu mengalami demam tinggi disertai diare. Oleh pihak keluarga, korban dibawa berobat di klinik terdekat. Namun setelah beberapa hari tidak juga menunjukkan tanda kesembuhan, pada Kamis (16/4/2020) korban dibawa ke Puskesmas Bandar Khalifah.

Berdasarkan pemeriksaan diketahui korban dinyatakan mengalami demam berdarah, dan keluarga membawa RO berobat ke Rumah Sakit Citra Medika dengan status PDP. Sebelumnya, diketahui jika korban memiliki riwayat penyakit TBC (Tuberkolosis) dan tidak memiliki riwayat perjalanan ke wilayah terpapar Virus Corona.

Baru beberapa jam menjalani perawatan di Rumah Sakit Citra Medika, pada Jumat (17/4/2020) sore sekira pukul 16.00 WIB korban dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis. Terhadap jenazah korban langsung dilakukan pelaksanaan Fardhu Kifayah termasuk di Shalatkan di Rumah Sakit Citra Medika dengan menggunakan APD. Setelah itu jenazah langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk dikebumikan.

BACA JUGA:

Kepala Puskesmas Bandar Khalifah dr Rahmat Ginting kepada wartawan mengatakan, saat dibawa ke Puskesmas kondisi korban sudah lemas, sehingga dilakukan penanganan dengan memasang infus sebagai langkah pertolongan pertama. Namun karena kondisi korban terus memburuk, pihak Puskesmas langsung merujuk pasien ke Rumah Sakit Citra Medika.

“Saat datang ke Puskesmas ini korban sudah lemas sehingga langsung kita infus sebagai upaya pertolongan pertama. Karena kondisinya semakin melemah, hari itu juga kita buat rujukan ke RS Citra Medika dan beberapa jam menjalani perawatan akhirnya korban meninggal dunia,” jelas dr Rahmat Ginting.

Sementara Camat Percut Sei Tuan Khairul Azman Harahap mengatakan, pasca meninggalnya seorang warganya yang berstatus PDP, pihaknya telah melakukan pencegahan dengan penyemprotan cairan disinfektan di kediaman korban.

“Upaya yang telah kita lakukan bersama yakni penyemprotan disinfektan, sedangkan pihak keluarga suda kita pantau dengan memberi status Orang Dalam Pemantauan,” ungkapnya.

Berdasarkan data terkini dari Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Sumut, untuk wilayah Deliserdang, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 18 orang. Sementara pasien positif berjumlah 8 orang, sedangkan dua orang sembuh dan 2 positif Covid-19 meninggal dunia.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed