oleh

Ini Surat Edaran Lainnya dari Bupati Tapteng untuk Mencegah Penyebaran Covid-19

Rakyatsumut.com, Berbagai imbauan terus dilakukan seluruh elemen terkhusus pemerintah di Indonesia untuk mencegah meluasnya penyebaran corona virus disease (covid-19).

Demikian juga di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani juga telah mengeluarkan edaran-edaran yang secara prinsip sebagai upaya maksimal mencegah potensi penyebaran pandemi itu di wilayahnya.

Surat edaran tersebut di antaranya, yang telah dikeluarkan 15 April 2020 dengan nomor: 440/1180/2020. Surat itu ditujukan kepada Camat, Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Tapteng.

Dikutip Rakyatsumut.com, Sabtu (18/4/2020), surat tersebut tentang: Tindak Lanjut Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (covid-19) di Kabupaten Tapanuli Tengah.

BACA JUGA: Ini Surat Edaran Bupati Tapteng tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Covid-19

Dijelaskan dalam surat tersebut, Surat Edaran itu menindaklanjuti Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Surat edaranMenteri Kesehatan RI nomor HK 02.02/ Menkes/ 56/ 2020 tentang Menindaklanjuti WHO yang telah menetapkan status covid-19 sebagai darurat kesehatan global yang sudah pandemic serta dalam rangka menjaga dan melindungi warga masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah denga memperhatikan perkembangan kasus penyebaran covid-19, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah mengimbau kepada seluruh masyarakat agar:

  1. Tidak melakukan aktifitas di luar rumah di atas jam 21:00 WIB kecuali untuk hal yang sangat penting maupun mendesak;
  2. Menghimbau seluruh Toko/ Warung/ Kedai Kopi atau makanan maupun warung sejenis yang merupakan tempat berkumpulnya masyarakat agar tidak menyediakan layanan makanan minuman di tempat melainkan dibungkus dan dibawa pulang ke rumah masing-masing serta membatasi kegiatan maupun aktivitas perdagangan hingga pukul 20:30 WIB;
  3. Camat, Lurah/ Kepala Desa maupun Forkopimka agar bersinergi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dalam melakukan patrol di atas pukul 21:00WIB guna menertibkan masyarakat yang masih berada di luar rumah di atas pukul 21:00 WIB dengan alasan yang tidak mendesak;
  4. Kepala Desa/ Lurah/ Camat ditugaskan untuk membuat Surat Himbauan di Lingkungan Kerja masing-masing untuk kemudian disebarkan dan ditempelkan di tempat umum seperti: warung dan sebagainya agar dapat dengan mudah diketahui dan dipedomani masyarakat luas.

Sebelumnya, Bupati juga telah mengeluarkan Surat Edaran bernomor: 440/ 1175/ 2020 tertanggal 15 April 2020 tersebut sebagai tindaklanjut Surat Edaran Gubernur Sumut nomor 440/2666/2020.

Sejumlah poin penegasan disebutkan dalam surat tersebut, di antaranya terkait Operasional Pasar Rakyat/ Tradisional di Kabupaten Tapanuli Tengah sampai dengan batas waktu jam 12:00 WIB.

Laporan: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed