oleh

Bupati Taput ‘Road Show’ Bagikan Sembako dan Tinjau Posko Penanganan Covid-19 

Rakyatsumut.com, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, tinjau sekaligus distribusikan bantuan logistik ke posko desa penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Tarutung, Sabtu (18/4/2020).

Road show dari posko ke posko, Nikson menggunakan kendaraan roda dua didampingi Indra Sahat Simaremare selaku Sekretaris Daerah dan jajarannya.

“Ini sungguh hal yang luar biasa karena adanya sinergi antara Pemerintah Daerah bersama kepala desa dan kelurahan yang mendirikan posko secara gotong royong,” kata Nikson.

Saya cek setiap posko, lanjut Nikson, SOP-nya sudah baik dan saya apresiasi sistem posko yang melakukan pengecekan, pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap masyarakat yang keluar masuk dengan mencatat di buku daftar tamu. Apabila ada yang diduga dengan gejala Covid-19 agar segera dilaporkan oleh posko desa.

Rute perjalanan Nikson Nababan bersama rombongan diawali dari Simpang jalan S. Dis Sitompul Simaung-maung Dolok, Posko Simpang Sigompulon, Posko Simaung-maung Pancuran Hutatoruan I, Posko Desa Aek Siansimun, Posko Parbubu I Air Soda, Posko Desa Hutatoruan IV.

Berlanjut ke Posko Sutan Sumurung L Tobing Saitnihuta, Posko Desa Sosunggulon Simpang Bondar Sibabiat, Posko Desa Parbaju Toruan, Posko Desa Hapoltahan, Posko Kelurahan Partali Toruan Simpang Kejaksaan, Posko Desa Partali Julu Simpang Perumnas Barat Indah Permai.

Terus ke Posko Desa Parbaju Julu Jembatan Aek sipollas, Posko Parbaju Julu di belakang kantor PU dan Posko Bersama Kenegerian Siwaluompu di jalan Putri Lopian. Lalu peninjauan berakhir di dapur umum dan posko di Desa Siraja Oloan.

Sebanyak 16 posko yang ditinjau, Nikson menghimbau para relawan untuk tidak melakukan pungli. Sesampainya di dapur umum yang difasilitasi oleh Polres Tapanuli Utara, Nikson menyerahkan bantuan logistik berupa masker, jahe, Indomie, kopi, bubuk teh, dan gula untuk menyemangati para relawan desa.

“Jangan ada oknum yang minta dana dengan mengatasnamakan posko padahal untuk kepentingan pribadi, tujuan peninjauan saya ini untuk memastikan tidak ada pungutan liar di posko desa, yang diperbolehkan adalah apabila bantuan dengan suka rela tanpa meminta,” tegas Nikson.

Selanjutnya, Nikson Nababan mengecek setiap kelengkapan APD setiap petugas posko dan hal-hal yang dihadapi ketika berhadapan dengan masyarakat.

“Saya harapkan semua melakukan pekerjaan ini dengan kerelaan dan kesadaran penuh untuk keselamatan kita semua sehingga bisa dilakukan pengecekan selama 24 jam secara bergantian. Tidak perlu minum-minum tuak sambil nyanyi yang menimbulkan keresahan. Terimakasih untuk relawan di posko-posko yang menjaga siang dan malam demi keselamatan masyarakat Tapanuli Utara. Tetap jaga kesehatan, minumlah minuman sehat yang meningkatkan imun tubuh,” imbuhnya.

Laporan: Paska Marbun

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed