oleh

Aplikasi Peduli Lindungi Tak Aman, Ini Penjelasan Menkominfo

Rakyatsumut.com, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate sosialisasikan penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi melalui Konfrensi Persnya, Jakarta, Sabtu (18/4/2020).

Aplikasi Peduli Lindungi merupakan aplikasi untuk penyelenggaraan tracing, tacking dan fensing untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran Covid-19.

Johnny mengatakan, aplikasi itu sendiri merupakan aplikasi yang aman, dia merekomendasikan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan kepada ASN, TNI, POLRI secara khusus untuk segera menginstalasinya.

BACA JUGAHari ini, Dua Pasien Berstatus PDP Dimakamkan di TPU Khsusus Covid-19

“Kami telah menerbitkan surat keputusan Menkominfo nomor 171 tahun 2020 yang menetapkan aplikasi Peduli Lindungi sebagai aplikasi yang berguna dan aman. Kami menyarankan untuk secepatnya melakukan instalasi atau mendownload aplikasi untuk memastikan terhindar dari penularan Covid-19,” ujar Johnny.

Aplikasi Peduli Lindungi ini, lanjut Johnny, mampu melihat pergerakan seseorang yang positif Covid-19 secara historis, kemudian mengetahui dengan siapa saja seseorang yang positif Covid-19 melakukan kontak, serta memberikan batasan bagi seseorang yang sedang dalam pengawasan atau positif untuk melakukan pergerakan dalam karantina atau isolasi.

BACA JUGA: Ini Data Terbaru Covid-19 di Indonesia, Kasus Positif Terus Bertambah

Selain merupakan buatan putra dan putri dalam negeri, aplikasi ini sangat berguna untuk nendeteksi lingkungan sekitar. Aplikasi ini bisa didownload di Google Playstore untuk android, dan di Apps Store untuk IOS Iphone.

“Banyak yang menyampaikan melalui media sosial bahwa aplikasi ini tidak aman. Hari ini saya tegaskan bahwa aplikasi ini aman. Perlindungan atas data pribadi telah kami lindungu melalui keputusan Menteri dan menugaskan semua pihak yang mengelola aplikasi ini untuk melakukan pembersihan atau menghapus keseluruhan data apabila keadaan darurat kesehatan ini telah berakhir,” tutup Johnny.

Laporan: Paska Marbun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed