oleh

RS USU Bisa Tes Covid-19, Gugus Tugas: Hasil Lebih Cepat

Rakyatsumut.com, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara menyambut baik alat pemeriksaan Covid-19 di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara.

Pemeriksaan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) akan mulai dilakukan terhadap Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara untuk menyiapkan laboratorium  PCR.

“Dalam waktu dekat spesimen pemeriksaan swab sudah dapat dilakukan di RS USU. Sehingga kita tidak perlu lagi berlama lama menunggu hasil dari Balitbangkes,” kata terang Aris, Kamis (16/4/2010) melalui konfrensi pers melalui virtual conference.

Baca JugaKabar Baik, Rumah Sakit USU Bisa Cek Swab Pasien PDP

Dengan demikian, kata Aris, Gugus Tugas optimis dengan adanya laboratorium PCR ini, akan memangkas waktu untuk mendapatkan hasil seorang pasien positif Covid-19 atau tidak.

Sementara untuk hasil pemeriksaan di laboratorium PCR di RS USU, Aris mengatakan hasilnya dapat di pertanggung jawabkan dan sudah sesuai dengan standar laboratorium penelitian swab pasien Covid-19.

“Akurasi pemeriksaan swab di USU sama tingginya dengan akurasi pemeriksaan swab di Balitbangkes milik kementerian kesehatan.  Sehingga kita tidak perlu mengirim sampel ke Balitbangkes yang ada di Jakarta,” ucapnya.

Sebelumnya, Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) baru saja kedatangan bahan utama untuk melakukan Swab terhadap pasien PDP di Sumatera Utara.

Bahan tersebut bernama Reagensia. Dengan demikian, Rumah Sakit USU akan melaksanakan uji Swab dengan metode PCR terhadap pasien untuk memastikan apakah positif terpapar Virus Corona atau tidak.

“Bahan uji Swab itu kita terima kemarin sore. Ada yang kita beli dan ada pula bantuan dari Balitbangkes,” kata Rektor Universitas Sumatera Utara, Profesor Runtung Sitepu, Kamis (16/4/2020).

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed