oleh

Kabar Baik, Rumah Sakit USU Bisa Cek Swab Pasien PDP

Rakyatsumut.com, Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) baru saja kedatangan bahan utama untuk melakukan Swab terhadap pasien PDP di Sumatera Utara.

Bahan tersebut bernama Reagensia. Dengan demikian, Rumah Sakit USU akan melaksanakan uji Swab dengan metode PCR terhadap pasien untuk memastikan apakah positif terpapar Virus Corona atau tidak.

“Bahan uji Swab itu kita terima kemarin sore. Ada yang kita beli dan ada pula bantuan dari Balitbangkes,” kata Rektor Universitas Sumatera Utara, Profesor Runtung Sitepu, Kamis (16/4/2020).

BACA JUGA: Ini Prosedur Pemulasaran Jenazah Covid-19 di RSAP HAM

Dikatakan Profesor Runtung, untuk bantuan dari Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, RS USU menerima bahan uji Swab untuk 300 pasien.

Sementara, bahan uji Swab yang memang telah di pesan oleh USU sendiri sebanyak 1000, namun yang baru tiba untuk 33 pasien.

“Begitu tiba kemarin sore langsung diuji coba oleh Tim yang sudah disiapkan melakukan swab dengan menggunakan 2(dua) unit PCR milik Rumah Sakit USU dan hasilnya baik,” ujar Runtung.

Dijelaskan Profesor Runtung Sitepu, sedari awal Rumah Sakit USU sudah memiliki tiga unit alat PCR, satu unit di RSU USU, satu unit di Fakultas Kedokteran dan satu lagi ditempatkan di Laboratorium Terpadu Universitas Sumatera Utara.

BACA JUGA: Komnas PA: Orang Tua Harus Ciptakan Rumah Ramah Anak Selama Pandemi

Akan tetapi khusus untuk melakukan swab terhadap pasien membutuhkan bahan yang namanya Regensia.

Sebulan yang lalu, lanjut Runtung, pihak Rumah Sakit USU telah berusaha membelinya tetapi barangnya tidak ada dan baru tiba kemarin sore.

“Itupun dari 1000 yang di pesan baru diterima 33 bahan. Untunglah ada bantuan dari Litbangkes 300. Sedangkan untuk ahli, USU ada banyak dan Tim juga sudah dibentuk sebulan yang lalu,” pungkasnya.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed