oleh

Belajar dari Rumah di Paluta Diperpanjang Hingga 1 Juni

Rakyatsumut.com, Proses belajar di rumah di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Sumatera Utara, diperpanjang hingga tanggal 1 Juni.

Perpanjangan ini sebagai upaya preventif menyikapi penyebaran pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) terkhusus di Kabupaten Paluta.

Perpanjangan belajar dari rumah itu sesuai Surat Edaran Bupati Paluta tertanggal 15 April 2020 Nomor: 420/1992/2020 Tentang Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

BACA JUGA: Komnas PA: Orang Tua Harus Ciptakan Rumah Ramah Anak Selama Pandemi

Adapun hal-hal yang disampaikan dalam surat edaran tersebut, sebagai berikut :

  1. Satuan pendidikan di Wilayah Kabupaten Paluta tetap melakukan pembelajaran melalui pemberian tugas rumah kepada peserta didik;
  2. Kepala Satuan Pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan tetap melakukan tugas dari rumah sampai 1 Juni 2020, mengingat pada kalender pendidikan mulai tanggal 24 April sampai dengan 30 Mei 2020, adalah libur puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H dan direncanakan sekolah kembali mulai tanggal 2 Juni 2020;
  3. Kepada orangtua siswa untuk tetap menjaga dan mengawasi anaknya agar tidak keluar rumah apabila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak dan tetap belajar di rumah, atau mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan oleh Kemendikbud RI melalui siaran TVRI Nasional setiap hari;
  4. Selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan diluar rumah tanpa terkecuali;
  5. Serta menjaga jarak aman ketika melakukan komunikasi antar individu (social/physical distancing).

BACA JUGA: Kantor Pegadaian di Sibolga ‘Diserbu’ Nasabah

Sopyan Endamora Harahap, Kepala Dinas Pendidikan Paluta, mengatakan, surat edaran tersebut berlaku untuk siswa PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTS.

Ia mengingatkan, perpanjangan belajar dari rumah jangan dimaknai sebagai libur. Dan Ia juga berharap, kepada orangtua siswa tetap membimbing dan memberikan hak anak dalam belajar.

“Orangtua siswa bisa menjelaskan terkait Covid-19 ini, supaya siswa paham. Kemudian jangan jadikan belajar di rumah ini menjadi ajang rekreasi atau liburan,” katanya. Kamis (16/4/2020).

Terpisah, Kacabdis Pendidikan Provsu UPT Gunungtua, Maradoli mengatakan, perpanjangan waktu belajar di rumah juga berlaku tingkat SMA, MA dan SMK. Sesuai surat Dinas Pendidikan Provsu proses belajar di rumah diperpanjang hingga tanggal 29 Mei 2020.

“Dan akan dievaluasi kemudian sesuai dengan kebutuhan,” kata Maradoli.

Laporan: Rifai Dalimunthe

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed