oleh

Polres Sibolga Amankan Puluhan Batang Kayu Diduga Illegal

Rakyatsumut.com, Kepolisian Resor Sibolga, Sumatera Utara, mengamankan puluhan batang kayu diduga illegal karena tak memiliki dokumen pengangkutan.

Hal itu terungkap dalam keterangan tertulis Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Polres Sibolga Iptu R Sormin, Rabu (15/4/2020).

Dijelaskan, penangkapan itu dilaklukan Sat Pol Air Polres bersama anak buah kapal KP. Puyuh-5014 menggunakan sea rider sekitar pukul 00:15 WIB di Perairan Karang Sibongsu, Tapteng dengan koordinat 1°41’ 045”N – 098°45’410”E.

Dikatakan, puluhan batang kayu itu diangkut kapal tanpa nama. Sebanyak 2 orang diamankan, masing-masing AG, laki-laki berusia 39 tahun dan JZ, laki-laki berusia 53 tahun.

BACA JUGA: Kadis Kesehatan Sibolga Ancam ODP Membandel: Jika Berkeliaran Akan Dikarantina di Wisma Atlet

“Kapal tanpa nama itu sedang melakukan menarik dan mengangkut  kayu campuran sebanyak kurang lebih 3 kubik dan 63 batang kayu bulat tujuan Pondok Batu, Tapteng – Sumut dengan tanpa dilengkapi Nota angkutan sebagai dokumen pengangkutan kayu yang sah,” tulis Sormin.

Disebutkan, penangkapan dilakukan berdasarkan bukti permulaan yang cukup, dan diduga telah melanggar pasal 78 ayat 5 dan ayat 7 UU RI No. 41 Thn 1999 jo  pasal 83 ayat (1) huruf b jo pasal 12 huruf (e) UU RI no 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dengan ancaman hukuman 10 tahun.

“Kapal tanpa nama di bawa ke dermaga PPN Sibolga, barang bukti kayu olahan kurang 3 kubik dan kayu campuran berjumlah 63 batang kayu bulat. Saat ini Sat Pol Air Polres Sibolga sedang memproses kasus tersebut,” kata Sormin.

Laporan: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed