oleh

Pulihkan Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19, Berikut Langkah Bank Indonesia

Rakyatsumut.com, Bank Indonesia (BI) terus berupaya untuk memulihkan Ekonomi Indonesia ditengah Pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan Bank Indonesia adalah meningkatkan pelonggaran moneter melalui instrumen kuantitas (quantitative easing).

Keputusan ini diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 13-14 April 2020.

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Dalam rapat RDG, juga diputuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 4,50%, suku bunga Deposit Facility sebesar 3,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 5,25%.

Keputusan ini mempertimbangkan perlunya menjaga stabilitas eksternal di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang saat ini masih relatif tinggi, meskipun Bank Indonesia tetap melihat adanya ruang penurunan suku bunga dengan rendahnya tekanan inflasi dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Untuk stabilisasi dan penguatan nilai tukar Rupiah, Bank Indonesia meningkatkan intensitas kebijakan triple intervention baik melalui spot, Domestic Non-deliverable Forward (DNDF), maupun pembelian SBN dari pasar sekunder.

Laporan: Rommy

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed