oleh

Presiden Teken Keppres, Tetapkan Covid-19 Sebagai Bencana Nasional

Rakyatsumut.com, Presiden Joko Widodo meneken Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Covid-19 sebagai sebagai bencana nasional.

Keppres tersebut diteken Joko Widodo pada Senin (13/4/2020) malam dan telah diunggah di situs web resmi Setneg.go.id.

“Menyatakan bencana nonalam yang diakibatkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencan nasional,” bunyi poin pertama dalam Keppres tersebut.

Dalam poin kedua Keppres 12 Tahun 2020, penanggulangan bencana nasional yang disebabkan oleh Covid-19 dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui sinergi lembaga/kementerian dengan pemerintah daerah.

“Gubernur, bupati dan wali kota sebagai ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah. Dalam menetapkan kebijakan di daerah masing-masing harus memperhatikan kebijakan Pemerintah Pusat,” bunyi poin ketiga dalam Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 itu.

Penetapan wabah Corona sebagai bencana nasional berdasarkan dampak meningkatnya jumlah korban dan kerugian harta benda, meluasnya cakupan wilayah yang terkena bencana, dan menimbulkan implikasi pada aspek sosial ekonomi yang luas.

Kemudian, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global 11 Maret lalu.

Sebelum Keppres Nomor 12 Tahun 2020 ditanda tangani, pertengahan Maret lalu, juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto telah mengatakan Virus Corona sebagai bencana nasional.

Hal itu menyusul pembentukan gugus tugas yang dipimpin Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo yang dibentuk pada 13 Maret lalu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed