oleh

Pasien Positif Covid-19 di Sumut Meningkat

Rakyatsumut.com, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah mengungkap data terbaru penanganan wabah pandemic corona di daerah itu.

“Adapun update rekap informasi Covid-19 di Sumut untuk tanggal 14 April 2020 yakni PDP sebanyak 101 orang, positif sebanyak 100 orang dengan rincian 76 melalui metode PCR dan 24 melalaui metode Rapid Test,” kata Aris di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Kantor Gubernur Jalan Diponegoro No 30 Medan, Selasa (14/4/2020).

Disebutkan juga, untuk data pasien sembuh sebanyak 11 orang dan meninggal sebanyak 9 orang.

BACA JUGA: Dari ODP ke PDP, Pelajar Asal Paluta ini Akhirnya Meninggal Dunia

“Kita ketahui bersama, 11 orang telah sembuh dari penyakit ini. Menjadi bukti bahwa penyakit ini bisa sembuh dan kita bisa melaluinya. Bersama kita kerja sama dan doakan, semoga angka sembuh ini terus bertambah dan kita segera keluar dari kondisi ini,” tutur Aris.

Sebelumnya Aris mengatakan pembatasan aktivitas sosial dinilai sebagai satu-satunya cara yang paling efektif untuk meredam penyebaran Covid-19. Semakin masyarakat disiplin dalam menajalankan aturan pemerintah terkait penanganan Covid-19 termasuk tidak keluar rumah, membatasi kegiatan sosial dan interaksi tatap muka, maka penyebaran rantai virus ini bisa ditekan.

“Untuk itu, kami imbau agar masyarakat semaksimal mungkin tetap berada di rumah jika tidak ada urusan yang mendesak, patuhi aturan dan arahan dari pemerintah,” kata Aris.

BACA JUGA: Lima Dokter Spesialis Mundur, Ombudsman Kritik Pemko Padangsidimpuan

Sementara itu Aris mengungkap informasi terkait isu berkembang penanganan Covid-19 di Sumut. Salah satunya, upaya realisasi pelaksanaan Swab Test di Sumut. Selama ini, spesimen tes swab dikirim ke Balitbangkes RI Jakarta.

“Dalam waktu dekat, melalui kerja sama dengan instansi vertikal kementerian, proses SWAB Test akan kita laksanakan di Sumut tanpa harus dikirim ke Jakarta,” jelasnya.

Isu berkembang lainnya yang disampaikan Ari, terkait Anak Buah Kapal (ABK) dan penumpang Kapal KM Kelud dari Jakarta yang tiba di Belawan, Senin (13/4/2020) malam.

Pada pemeriksaan di Batam, sejumlah ABK yang positif diisolasi dan dirawat di Batam. Sisanya, diterima di Belawan dan mengikuti rangkaian protokol kesehatan. Bagi yang positif dibawa ke RS Rujukan, sedangkan bagi yang negatif dikarantina sementara di Deliserdang sembari menunggu penjemputan dari daerah asal.

Informasi terkait TKI dari Malaysia yang saat ini melakukan karantina sementara di Lanud Soewondo juga disampaikan. Hingga pukul 16.00 WIB tersisa sebanyak 60 dari 547 TKI yang menunggu untuk dipulangkan. Terdiri dari 37 pria dan 23 wanita, berasal dari kota-kota di luar Sumatera.

Laporan: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed