oleh

FSPMI Sumut Buka Posko Pengaduan Bagi Buruh Terdampak Covid-19

Rakyatsumut.com, Penyebaran Virus Corona (Covid-19) telah mewabah hampir seluruh negara di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hal itu telah berdampak terhadap seluruh sendi kehidupan, termasuk terhadap kaum buruh.

Namun, pada situasi ini pula buruh kerap dihadapkan pada kondisi yang tidak menguntungkan. Seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan terancamnya hak mereka berupa pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

Atas dasar itu pula, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Provinsi Sumatera Utara membuka posko pengaduan bagi buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan pengaduan atas hak berupa Tunjangan Hari Raya (THR) oleh perusahaan, selama pandemi Cofid 19.

“PHK dengan alasan corona adalah alasan yang tidak dapat diterima nalar kaum buruh,” kata Ketua FSPMI Sumut Willy Agus Utomo, melalui release resmi yang diterima Selasa (14/4/2020).

Menurut Willy, kondisi saat ini rentan dimanfaatkan oleh pengusaha bandel sebagai ‘aji mumpung’ sebagai dalihvmelakukan PHK sepihak dan tidak menyelesaikan hak buruh berupa Tunjangan Hari Raya.

Padahal, kata Willy, buruh saat ini bertarung nyawa karena masih bekerja di pabrik meski dalam situasi Covid-19 yang mengancam nyawa mereka.

“Banyak pengusaha bandel di Sumut yang memanfaatkan situasi ini untuk menghindari pembayaran Tunjangan Hari Raya dan hak normatif buruh lainnya,” ujarnya.

Willy mengimbau kepada seluruh buruh yang mengalami PHK sepihak atau tidak mendapat hak normatif seperti THR selama pandemi Corona,  dapat membuat pengaduan ke posko yang telah disediakan.

Pihaknya melalui Lembaga Bantuan Hukum (LBH FSPMI Sumut) siap mendampingi dan memperjuangkan hak hak korban PHK tersebut.

“Kepada buruh di Sumut yang ter PHK, silahkan laporkan ke kami. Kita siap bantu tanpa dipungut biaya” ungkap Willy.

Sementara itu, Sekretaris FSPMI Sumut Tony Rickson Silalahi mengatakan, para buruh yang mengalami kebijakan yang tidak berpihak tersebut dapat membuat pengaduan di posko yang telah di sediakan di 5 titik, yakni di Kota Medan dengan kontak 082361888356, Kabupaten Deli Serdang dengan nomor kontak 085262877000.

Dan Kabupaten Serdang Serdang Bedagai melalui kontak 082273173847, kabupaten di wilayah Labuhan Batu Raya dengan kontak 082166116847, dan kabupaten di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) dengan 085285540703, yang dapat dihubungi oleh buruh.

Para buruh juga bisa melaporkan langsung ke kantor FSPMI Sumut yang berada di Jalan Raya  Medan -Tanjung Morawa Km. 13,1 Gang Dwi Warna nomor 1, Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang, Sumut.

“Bagi buruh yang mengadukan PHK-nya, kita siap bela dan perjuangkan hak-haknya sesuai ketentuan Undang Undang Ketenagakerjaan yang berlaku, bukan hanya PHK kita juga buka pengaduan THR sekaligus” pungkas Tony.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed