oleh

Kedapatan Pungli, Kapolda Sumut: Jangan Gadaikan Kehormatan Institusi

Rakyatsumut.com, Kapolda Sumatera Utara Inspektur Jenderal Martuani Sormin mengingatkan anggotanya agar tidak menggadaikan kehormatan institusi Polri dengan melakukan tindakan tercela. Seperti perilaku seorang anggota Polri yang videonya viral di media sosial.

“Kita wajib mengayomi masyarakat. Jangan karena uang Rp 10 ribu muka kita tercemar dan bila itu terjadi alangkah memalukan dan sangat tragis. Bila tak bisa melayani dengan baik silahkan lapor kepada pimpinan,” kata Kapolda Martuani Sormin saat memimpin apel dan pengarahan kepada seluruh personel lalu lintas sejajaran Polrestabes Medan, Senin (13/4/2020).

Dikatakan Kapolda Martuani, tugas kepolisian itu untuk mengayomi masyarakat dan sebisa mungkin menghindari perdebatan dengan masyarakat saat melayani.

Baca JugaVideo Viral, Oknum Polisi Diduga Lakukan Tindakan Tidak Menyenangkan

Menurutnya Kapolda Martuani, saat ini zaman sudah berubah, semua urusan sudah dilakukan dengan transparan. Martuani meminta personel ynruk tidak bersikap diskriminatif bila melihat kendaraan berplat luar kota.

“Baju dinas yang kalian pakai, kehormatan yang kalian punya, serta kehormatan institusi jangan tergadaikan,” ungkapnya.

Kapolda Martuani juga mengingatkan bahwa masyarakat telah memahami karakteristik Polri. Untuk itu, lanjutnya, anggota diingatkan tidak mempersulit masyarakat dan jika perlu haus dibantu tanpa meminta imbalan.

“Dimasa sulit seperti sekarang ini jangan mempersulit, apa lagi menghambat pendistribusian bahan pangan, bila perlu berikan pengawalan. Bila ada pungli yang dilakukan OKP, tindak tegas karena negara harus hadir, kehormatan dan martabat kita jangan dijual, jangan keras kepala, karena yang perlu dikeraskan adalah semangat,” tegasnya.

Baca Juga: Viral Oknum Polisi Ludahi Pengendara, Polda Sumut: Oknum Sudah Diperiksa

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Martuani juga mengingatkan kepada Kepala Satuan Lalulintas Polrestabes Medan untuk memberikan pelatihan dan pembinaan fisik kepada anggota guna menaikkan stamina. Begitu pula kepada seluruh Kapolsek, diminta untuk tegas dalam memberikan pengarahan dan para perwira harus bertanggung jawab terhadap anggotanya.

“Terimakasih kepada Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edizon Isir yang telah melakukan press release terhadap kasus oknum yang viral tersebut,” pungkasnya.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed