oleh

Dampak Covid-19, Kemensos: Bantuan akan Dipercepat

Rakyatsumut.com, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), Asep Sasa Purnama, menyebutkan beberapa bantuan dan dukungan Kemensos dalam percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Di antaranya adalah meningkatkan bantuan sembako yang menyasar 15,2 juta keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan peningkatan jumlah Program Keluarga  Harapan (PKH) yang dulunya Rp150 ribu/ KPM naik menjadi Rp200 ribu/ bulan/ KPM, dari bulan Maret hingga Agustus mendatang.

BACA JUGA: Dibuka Hingga 16 April, Buruan Daftar Kartu Prakerja Anda

Selain itu, kata Asep, Kemensos juga akan mempercepat penyaluran bantuan PKH untuk 10 juta KPM. Penyaluran PKH tahap kedua yang seharusnya pertengahan bulan april jadi bulan Maret dan penyaluran tahap ke-3 yang seharusnya bulan Juli, menjadi bulan April.

“Sehingga pada masa tanggap Covid-19 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Program Keluarga Harapan (PKH) dengan manfaat ganda,” kata Asep dalam konfrensi pers di Jakarta, Senin (13/4/2020).

Dukungan lain yang diberikan Kemensos untuk percepatan pananganan Covid-19, lanjut Asep, yakni penyediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk disalurkan kepada keluarga miskin dan rentan di daerah terdampak.

“Beras ini akan dibagikan oleh gubernur dan bupati/walikota sesuai keundangannya. Dan apabila kurang dapat mengusulkan penambahannya ke Kemensos RI,” ujarnya.

BACA JUGA: Mendagri Tito: Banyak Bantuan ke Masyarakat Jadi Masalah

Selanjutnya, sebagai bentuk perhatian dan belasungkawa dari negara, Asep mengatakan Kemensos memberikan santunan kematian kepada ahli waris dari keluarga yang meninggal akibat terpapar Virus Corona sebesar Rp15 juta.

“Kemensos memberikan dukungan terhadap upaya gugus tugas untuk memenuhi Alat Pelindung Diri (APD) bagi masyarakat dan petugas,” tutup Asep.

Laporan: Paska Marbun

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed