oleh

Sentra Penelitian PCR untuk Pasien Covid-19 Akan Dibangun di Sumut

Rakyatsumut.com, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berencana akan membangun pusat penelitian spesimen swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk memastikan seorang pasien positif Covid-19 atau tidak. Pembangunan sentra penelitian swab melalui PCR dengan menggandeng Universitas Andalas.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Medis dan Paramedis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr Restuti Hidayani Saragih, Jumat (10/4/2020).

“Bapak Gubernur Sumatera Utara juga sudah menandatangani MoU dengan Universitas Andalas yang sebelumnya sudah terlebih dahulu mandiri,” kata Restuti.

Dikatakan Restuti, sentra penelitian hasil swab rencana akan dibangun di salah satu rumah sakit di Sumatera Utara. Sehingga pemerintah dapat melakukan penelitian spesimen swab PCR yang selama ini memakan waktu yang cukup lama.

Menurut Restuti, selama ini pemeriksaan spesimen swab untuk memastikan seseorang positif Covid-19 atau tidak, memakan waktu cukup lama. Hal tersebut disebabkan proses pemeriksaan swab dengan PCR masih berpusat di Balitbangkes Jakarta.

“Dengan begitu maka kita akan mendapatkan hasil final laboratorium, apakah PDP Covid-19 yang kita rawat positif atau bukan,” ungkapnya.

Berdasarkan data terbaru yang disampaikan oleh Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, jumlah pasien yang sudah dinyatakan postif Covid di Sumatera Utara berjumlah 87 orang. Sementara, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 berjumlah 149 orang.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed