oleh

Ratusan TKI yang Dideportasi dari Malaysia Tiba di Lokasi Karantina

Rakyatsumut.com, Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi dari negara tetangga – Malaysia, kembali tiba di lokasi karantina di Pangkalan Militer Lanud Soewondo atau Eks Bandara Polonia Medan, Jumat (10/4/2020).

Sebanyak 120 TKI yang dipulangkan pada gelombang ketiga itu tiba di Sumatera Utara. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, mereka langsung dibawa ke lokasi karantina sementara.

“Sesuai dengan koordinasi Lanud Soewondo dengan Pemerintah Sumut, kita akan menampung 120 kedatangan TKI. Ini merupakan gelombang ketiga pemberangkatan ke Indonesia,” kata Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto.

Dijelaskan Meka, untuk penerbangan hari kedua dan gelombang ketika tersebut, ada sebanyak 120 orang tenaga kerja Indonesia yang akan diterima pihaknya. Sementara hari sebelumnya pihaknya telah menerima sebanyak 135 orang yang akan mengikuti karantina sementara.

“Untuk penerbangan yang ketiga ini berjumlah 120 TKI, dan yang kemarin sudah datang 135 dan nanti sore ada satu penerbangan lagi,” ujarnya.

Dikatakan Kolonel Pnb Meka, untuk proses karantina sementara, seluruh kebutuhan pejuang devisa negara itu akan dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dari Dinas Sosial.

Ratusan TKI itu akan mengikuti masa karantina beberapa hari kedepan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Virus Corona atau Covid-19.

“Mereka disini (Lanud Soewondo) sementara, sampai dijemput oleh pemerintah daerah masing-masing. Mereka di sini dulu beberapa hari, dan nanti akan di isolasi di daerah masing masing,” ucap Meka Yudanto.

Berdasarkan pantauan, 120 orang TKI itu tiba dari Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, menggunakan empat bus besar. Setibanya di lokasi, para TKI yang turun diminta untuk berbaris dengan jarak dua meter.

“Untuk semua saudara, mohon memberi jarak paling tidak dua meter, sesuai protokol kita,” ucap petugas yang menyambut ratusan TKI itu dari pengeras suara.

Sebelum memasuki ruangan yang sudah disiapkan untuk proses karantina, terlebih dahulu mereka disemprot dengan cairan disinfektan. Tak terlepas seluruh barang bawaan yang mereka punya juga disemprot.

Berdasarkan jadwal yang diterima pihak Lanud Soewondo, pada hari ini ada dua penerbangan yang akan membawa ratusan TKI yang dideportasi dari Malaysia.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed