oleh

Ratusan Pahlawan Devisa Negara Tiba di Sumatera Utara

Rakyatsumut.com, Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berasal dari negeri Jiran Malaysia, tiba di Sumatera Utara. Pahlawan devisa negara itu akan menjalani karantina selama 14 hari kedepan sesuai SOP pencegahan pandemi Virus Corona.

Sebelum bertemu dengan keluarga, ratusan perantau Indonesia itu akan menjalani karantina di dua lokasi yakni Eks Bandara Polonia Medan dan Taman Pramuka Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Soewondo, Kolonel PNB Meka Yudanto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lokasi yang akan digunakan sebagai tempat karantina sementara bagi TKI yang tiba di Sumut.

“Bandara Polonia ini merupakan salah satu tempat yang akan digunakan untuk penampungan sementara para TKI yang datang dari Malaysia,” kata Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, Kamis (9/4/2020).

Dikatakan Kolonel Meka, eks bandara Polonia Medan dijadiakan lokasi karantina sementara, berdasarkan hasil koordinasi antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan Lanud Soewondo pada Rabu (8/4/2020).

Dalam pertemuan tersebut, ratusan TKI asal Malaysia dengan tujuan Medan dan Jakarta itu akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan karantina selama 14 hari.

“Dari hasil koordinasi itu disepakati bahwa ratusan TKI akan menjalani karantina di dua lokasi yakni Eks Bandara Polonia dan Kabupaten Deliserdang,” ungkapnya.

Sementara untuk kesiapan di Eks Bandara Polonia Medan, lanjut Kolonel Meka, pihaknya telah menyiapkan fasilitas yang akan digunakan untuk proses karantina. Beberapa fasilitas yang telah disiapkan oleh Lanud Soewondo, seperti 295 velbet dan fasilitas kipas angin.

“Tujuannya memberikan kenyamanan daripada para TKI, sehingga tidak bosan nanti tinggal disini,” ucapnya.

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang dihimpun, dijadwalkan pada Kamis (9/4/2020) akan tiba di gelombang kedatangan Tena Kerja Indonesia dari Malaysia di Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang.

Gelombang pertama tiba pada pukul 08.30 WIB, menggunakan maskai Malaysia Airlines MH860. Sebanyak 134 Tenaga Kerja Indonesia dengan rincian 94 laki-laki dan 40 perempuan, akan mendarat di Bandara Kualanamu.

Selanjutnya, gelombang kedua direncanakan akan mendarat pada pukul 15.00 WIB, menggunakan maskapai Malaysia Airlines dengan kode penerbangan MH864. Sebanyak 136 TKI, dengan rincian 110 laki-laki dan 26 perempuan.

Dari total keseluruhan TKI yang akan tiba, langsung diarahkan menuju dua lokasi karantina yakni Eks Bandara Polonia Medan dan Taman Pramuka Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed