oleh

Menyedihkan, Positif Corona di Indonesia Capai 3.293 Orang

Rakyatsumut.com, Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk penanganan Corona, Achmad Yurianto melaporkan berbagai perkembangan penangan kasus Covid-19 di Indonesia, Kamis (9/4/2020). Yuri menyebut, data positif covid di Indonesia terus bertambah.

“Saat ini, penambahan kasus positif Corona sebanyak 337 kasus sehingga total 3.293 kasus. Terdapat 30 pasien sembuh sehingga total 252 orang dinyatakan sembuh. Selanjutnya kasus meninggal dunia akibat terpapar Virus Corona bertambah sebanyak 40 sehingga total menjadi 280 orang,” kata Yuri.

Dia mengatakan bahwa perkembangan kasus yang diperoleh hari ini merupakan gambaran yang menyedihkan terhadap kepatuhan terhadap imbauan pemerintah dalam kurun waktu sepekan yang lalu.

“Gambaran ini sangat menyedihkan bagi kita, kurang lebih ini merupakan gambaran masyarakat minggu lalu. Karena kita tahu, meskipun masa inkubasi terpanjangnya 14 hari, namun rata-rata adalah 5 sampai 6 hari yang lalu. Mudah-mudahan kepatuhan ini semakin dijalankan dan kita akan lihat hasilnya seminggu yang akan datang,” ungkap Yuri.

Baca juga: Malaysia Deportasi 544 TKI Asal Sumut, Paluta Siapkan Gedung Karantina

Selanjutnya, Achmad Yurianto melaporkan upaya pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19. Progres yang sudah dilakukan 16.500 lebih spesimen untuk pemeriksaan Polimerase Chain Reaction (PCR) Selain Rumah Sakit Rujukan sebanyak lebih lebih dari 300 Rumah Sakit, 42.000 tempat tidur dan lebih dari 35.000 dokter, pemerintah juga telah menyiapkan pengaman jejaring sosial.

“Instruksi presiden tentang langkah pengamanan sosial dan stimulus ekonomi menghadapi covid-19, bernilai lebih dari Rp.450 Triliun, termasuk untuk perlindungan sosial dan berbagai keringanan biaya rumah tangga, termasuk keringanan biaya iuran listrik. terdapat pengadaan Alat Pelindung Diri sebanyak 700.000 dan sudah didistibusikan, serta, stok APD yang telah disiapkan lebih dari 300 rbu,” ujarnya.

Sementara itu Yuri mengatakan, pemerintah mengapresiasi para relawan yang mendaftar, dengan jumlah lebih dari 18.000, baik relawan medis dan relawan non medis. Dia berharap para relawan lebih bersinergi melaksanakan layanan rawatan untuk penanganan Covid-19.

Baca juga: Waspada, ini Hasil Penelitian Baru WHO Tentang Covid-19

“Dan bahwa hari ini sudah terhimpun lebih RP193 miliar yang merupakan donasi dari semua kelompok masyarakat, dan dari seluruh penjuru dunia,” katanya.

Terakhir, Yurianto kembali mengimbau masyarakat agar lebih patuh terhadap kebijakan pemerintah. Misalnya penggunaan masker jika terpaksa harus keluar rumah, cuci tangan sesering mungkin pakai sabun dan air mengalir setidak-tidaknya selama 20 detik.

“Terutama pada saat akan makan dan saat ketika hendak menyentuh wajah. Karena rute penularan yang sangat sering tida disadari adalah cemaran pangan oleh virus baik dari droplet orang yang sakit yang mungkin tertinggal di barang-barang di sekitar kita. Jaga jarak pada saat akan berkomunikasi dengan siapapun setidak-tidaknya 2 meter. Saudara-saudara, kunci keberhasilan ada di kita, ada di masyarakat. Semua resiko itu akan bisa kita kendalikan kalau kita tidak melakukan perjalanan ke mana pun ke mana pun. Patuh dan disiplin menggunakan masker. Mencuci tangan menjaga jarak aman. Untuk tetap di rumah,” urai Yuri.

Laporan: Paska Marbun

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed