oleh

Melirik Gotong Royong Pencegahan Corona di Desa Hilifarokha Lawa

Rakyatsumut.com, Dampak pandemik covid-19 di Indonesia kian meluas hingga ke daerah-daerah, termasuk ke wilayah pedesaan.

Di Nias, meski belum ditemukan pasien terpapar virus mematikan itu, namun kekhawatiran potensi penularan yang setiap saat bisa terjadi, mendorong dilakukan berbagai langkah prefentif.

Misalnya di Desa Hilifarokha Lawa, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan. Di desa ini, langkah pencegahan dilakukan secara bergotongroyong.

Hal itu terlihat saat berlangsungnya musyawarah masyarakat di balai, Senin (6/4/2020). Kepala Desa Tasuluimbowo Sarumaha memimpin pertemuan itu. Hadir juga Ketua dan anggota BPD. Pertemuan juga digagas menindaklanjuti Surat Camat Fanayama tentang pembentukan Pengurus Tim Gugus Tugas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19.

“Oleh sebab itu gotong royong cegah corona pemerintahan Desa Hilifarokha Lawa Kecamatan Fanayama melakukan pertemuan pembentukan Pengurus Tim Gugus Tugas dalam penanganan penyebaran wabah virus corona Covid-19,” ungkap Kades Tasuluimbowo kepada Rakyatsumut.com.

Baca juga: Ini Riwayat Perjalanan PDP Asal Tapteng, Suhu Badan 38 Derajat

Dia mengatakan, Tim Gugus Tugas di desa tersebut akan melakukan pemantauan terhadap setiap orang, baik masyarakat maupun tamu yang datang dari luar daerah. Setiap yang datang, kata Tasului, akan dilaporkan kepada petugas kesehatan.

Tasului menuturkan, upaya pencegahan di desa tersebut didukung oleh anggaran yang ada. Dia memastikan anggaran itu telah disiapkan dengan pengalokasikan anggaran melalui RAPDes Tahun 2020 ini.

“Tim Gugus Tugas terdiri dari elemen Pemerintahan Desa, BPD, masyarakat serta Pemuda setempat,” kata Tasuluimbowo.

Sementara itu, dia mengimbau  masyarakat agar memulai perilaku hidup sehat dan bersih serta menjaga jarak dengan yang lain, menghindari kerumunan masa atau keramaian, cuci tangan seusai melakukan aktivitas setiap saat dan agar tidak panik, meski tetap meningkatkan kewaspadaan.

Wakil Ketua DPRD Nisel Membagikan APD

Saat berlangsung rapat tersebut, Wakil Ketua DPRD Nisel Fa’atulo Sarumaha dari fraksi partai politik NasDem terlihat hadir dan berbaur dalam rapat.

Fa’atulo menyebut dirinya peduli dan berkontribusi terhadap masyarakat. Kepedulian itu dengan melakukan penyimprotan desinfektan di rumah warga serta pemberian gratis masker, tong air, sabun dan cairan penyemprotan.

Dia menyebut bantuan itu sebagai bagian inisiatif dan bentuk kepedulian Partai Nasdem kepada masyarakat. Tidak saja di Desa Hilifarokha Lawa, namun juga di sejumlah desa lain di Kecamatan Fanayama.

Kesempatan itu Fa’atulo juga mengimbau masyarakat di luar daerah tersebut agar dapat menahan diri kembali ke daerahnya. Itu dilakukan agar potensi penularan virus dapat dihindari.

“Bagi warga desa Hilifarokha Lawa yang berada di luar daerah atau perantauan, untuk tidak pulang ke desa ini jika tidak ada hal penting, guna menghindari merebaknya virus corona. Ini merupakan tanggung jawab kita semua demi menyadarkan masyarakat agar tidak tertular covid-19,” katanya.

Laporan: Saksikan Sarumaha

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed