oleh

Ini Riwayat Perjalanan PDP Asal Tapteng, Suhu Badan 38 Derajat

Rakyatsumut.com, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Pirngadi Medan, Senin (6/4/2020).

Pasien diberangkatkan sekitar pukul 23:00 WIB menggunakan ambulans dengan pengawalan sejumlah petugas medis mengenakan ADP lengkap dari RSUP Pandan dimana pasien sempat di isolasi.

Terkait ini Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mengungkapkan riwayat perjalanan pasien tersebut. Dikatakan pemantauan telah dilakukan selama 7 hari dari masa status ODP selama 14 hari.

“Ini PDP yang pertama di Tapteng, baru pulang dari Malaysia selama 14 hari dan dipantau 7 hari, mengalami batuk dan demam, suhu badan 38, dibawa ke RS pandan, ada riwayat TB Paru, sudah dilakukan pengecekan di laboratorium dan sudah dirujuk ke RS Pirngadi Medan,” kata Bupati dalam keterangan pers, Selasa (7/4/2020) dini hari di rumah dinasnya.

Bupati meminta masyarakat tetap tenang dan jangan panik. Kendati ia menegaskan agar penggunaan masker dilakukan setiap bepergian keluar rumah.

Baca juga: PDP Asal Tapteng di Rujuk ke RS Pirngadi Medan

“Cuci tangan, jaga kebersihan  dan tak perlu kumpul di tempat tertentu yang bisa menimbulkan percepatan penularan virus corona. Kehati-kehatian sangat diperlukan, warung makan jangan melayani pelanggan makan di tempat, tapi harus dibungkus dan dibawa pulang, ini demi pencegahan. Ini belum tentu positif, tapi kami imbau agar kita tetap waspada,” urainya.

Pemkab Siapkan Bantuan untuk Puluhan Ribu Warga

Sementara itu Bupati menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyalurkan bantuan kepada warga terdampak kebijakan covid-19 di daerah tersebut.

Baca juga: Tren Jumlah Positif Covid di Indonesia Bertumbuh

Pembahasan anggaran bersama DPRD setempat akan segera dilakukan. Direncanakan, sekitar 20 hingga 30ribu masyarakat di daerah itu akan menerima bantuan sosial yang bersumber dari APBD.

“Kami yakin akibat kebijakan untuk memutus covid-19, masyarakat tentu berada di rumah, karenanya butuh perhatian. Bantuan nanti mungkin tidak banyak, tapi itulah kesanggupan APBD, dalam seminggu ke depan anggaran sudah diajukan ke DPRD. Semoga cepat terealisasi,” katanya.

Laporan: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed