oleh

MUI Sumut: Ibadah Jangan Kendor

Rakyatsumut.com, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, H. Abdullah Syah mengimbau umat muslim tetap menjalankan ibadah di masa pandemik corona.

“Penyebaran virus corona ini diharapkan tidak membuat pelaksanaan ibadah kendor. Ibadah tetap dilaksanakan,” kata Abdullah saat rapat kordinasi dengan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin di kantor MUI Sumut, jalan Sutomo Ujung, Kota Medan, Senin (6/4/2020)

Kendati Abdullah berpesan, pelaksanaan ibadah itu juga harus dengan kewaspadaan dan tetap mengikuti instruksi dari pemerintah.

“Tentunya dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta perbanyak doa agar wabah virus corona segera usai,” katanya.

Sementara Kapolda Martuani Sormin mengatakan, Rakor ini dilakukan guna bersama-sama melakukan penanganan pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Agar masyarakat Sumut tidak terpapar virus tersebut,” kata Kapolda.

Baca juga: Pasca Pasien PDP Asal Sidempuan Meninggal, Bupati Tapteng: Seluruh Perbatasan Akan Diawasi

Menurut Kapolda, terjadinya penurunan jumlah ODP di Sumut tidak mengartikan agar masyarakat lengah dan berkumpul di luar rumah.

“Sesuai dengan arahan pemerintah,  masyarakat diminta untuk selalu menggunakan masker karena virus corona yang tidak kasat mata ini dapat menular saat bersin dan batuk. Oleh karena itu, harus dilakukan pshycal distancing atau jaga jarak,” katanya.

Dia mengatakan, pihaknya bersama stakeholder telah melakukan berbagai langkah pencegahan. Seperti memberi imbauan kepada masyarakat serta melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah kawasan di Kota Medan. Dan secara bersamaan telah melakukan penyemprotan secara masif di seluruh wilayah Sumatera Utara yang dilakukan oleh Polres jajaran.

“Di mako Polda Sumut dan Polres jajaran Polda Sumut wajib menyiapkan tempat cuci tangan dan penyemprotan disinfektan bagi masyarakat dan pers yang akan masuk ke mako Polda maupun mako Polres jajaran. Disamping itu Polda Sumut dan Polres jajaran rutin memberikan himbauan agar masyarakat tidak bepergian ke rumah, keluar rumah apabila hak yang mendesak dan sangat penting,” urai Kapolda.

Baca juga: Dampak Covid-19, Desa Wisata Bawomataluo Ditutup Buat Pengunjung

Dia menambahkan, Polda Sumut tetap mengawal ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat dan akan menindak bagi yang menaikkan harga atau melakukan penimbunan bahan pangan serta berkoordinasi dengan pengusaha kecil dan menengah agar kegiatan perekonomian tidak terhenti.

“Jangan khawatir dan tetap jaga kesehatan bersama-sama kita pasti bisa mencegah penyebaran virus corona,” tutup Kapolda.

Laporan: Rommy Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed