oleh

Yuri: Kita Jalankan Masker untuk Semua Sesuai Rekomendasi WHO

Rakyatsumut.com, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, kembali mengingatkan pentingnya penggunaan masker terutama saat keluar rumah, di samping cuci tangan dengan menggunakan sabun.

Hal itu dikatakan Yuri saat memberi keterangan pers di kantor BNPB Jakarta, Minggu (5/4/2020).

“Kita jalankan masker untuk semua sesuai rekomendasi dari WHO, untuk cegah penyebaran Covid-19 selain mencuci tangan selama minimal 28 detik,” kata Yuri.

Ia mengakui, untuk memperoleh Alat Pelindung Diri (APD) terutama masker saat ini sangat tidak mudah, oleh karenanya sebagai pengganti dapat menggunakan masker kain.

Baca juga: Ini Penjelasan Kemenkes Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar

“Semua harus gunakan masker, masker bedah (masker N95) hanya untuk petugas kesehatan, dan gunakan masker kain untuk masyarakat,” ungkap Yuri.

Selanjutnya, Yuri menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam. Setelah pemakaian, masker sebaiknya dicuci setelah terlebih dahulu direndam di air sabun.

Lebih dari 82,5 miliar Rupiah donasi yang telah diterima terkait percepatan penanganan Covid-19 segera direalisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Masyarakat jangan berkecil hati, karena pemerintah bersama semua kekuatan yang ada, akan memberikan dharma bakti yang sebesar-besarnya dalam rangka melindungi seluruh warga kita,” ujar Yuri.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua keluarga Indonesia yang tetap tinggal di rumah.

Baca juga: 5 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Weekend Dirumah

“Kami ingin menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, yang patuh terhadap imbauan pemerintah, untuk tetap di rumah, dan bapak/ibu rumah tangga yang sudah membantu tugas pemerintah untuk menjadi penenang, dan mampu memberikan penjelasan yang baik kepada keluarganya,” imbuhnya.

Terakhir, Achmad Yurianto menghimbau, agar masyarakat menerima informasi yang benar dan sumber terpercaya, agar tidak terbawa kesimpangsiuran berita.

“Ikuti berita, ikut perkembangan, dan lakukan edukasi yang baik terhadap seluruh anggota keluarga. Informasi dapat diupdate melalui portal covid19.go.id, call center 119117, halo kemkes 15567, maupun di pelayanan kesehatan masyarakat yang lain,” pungkasnya.

Laporan: Paska Marbun

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed