oleh

Stabilkan Rupiah, BI Beli SBN Rp172.5 Triliun

Rakyatsumut.com, Bank Indonesia (BI) membeli Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp172,5 triliun. Pembelian tersebut dilakukan untuk menstabilkan nilai tukar rupiah.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pembelian SBN sebagian di antaranya adalah yang dilepas oleh investor asing dengan nilai Rp166,2 triliun.

“BI terus berkomitmen menstabilkan pasar dalam bentuk nilai tukar melalui spot, Domestic Non-Deliverable Forwards (DNDF), dan juga pembelian SBN dari pasar sekunder. Sebagai informasi bahwa BI telah membeli SBN totalnya Rp172,5 triliun di antaranya Rp166,2 triliun itu adalah pembelian SBN dari pasar sekunder yang dilepas oleh investor asing,” ucap Perry Warjiyo dikutip dari inews.id, Selasa (31/3/2020).

Dijelaskan, akibat pandemi corona atau Covid-19 membuat kepanikan di pasar. Kepanikan itu menyebabkan arus modal keluar (capital ouflows) dari pasar keuangan Indonesia.

“Saya sampaikan sebelumnya bahwa merebaknya virus di seluruh negara membuat panik. Kepanikan itu membuat outflow, tapi Alhamdulillah, dengan langkah stimulus fiskal dan stabilisasi Bank Sentral kepanikan sedikit mereda meski ketidakpastian masih tinggi dan membawa perkembangan nilai tukar,” tuturnya.

Meski begitu, Perry mengatakan BI terus berkomitmen untuk melakukan stabilisasi pasar dengan berbagai langkah intervensi pasar.

Laporan: Damai

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed