oleh

Ribuan TKI Asal Sumut ‘Pulang Kampung’ Akibat Covid-19, Gubernur Edy: Ada 5 Kabupaten yang Kita Siapkan

Rakyatsumut.com, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan akan menerima kedatangan ribuan Tenaga Kerja Indonesi (TKI) asal Sumut yang terdampak Covid-19. Ribuan pejuang devisa dari negeri Jiran itu terlebih dahulu akan dilakukan tes kesehatan  sebelum masuk dan berbaur dengan masyarakat.

“Ada lima kabupaten yang sudah kita siapkan dan kita fasilitasi dengan alat rapid test untuk kita lakukan tes awal kepada saudara-saudara kita  yang bekerja di luar itu,” kata Gubernur Edy Rahmayadi usai apel gabungan penanganan penularan wabah Virus Corona, di Medan Selasa (31/3/2020).

Dikatakan Edy, ada sekitar 4.646 Tenaga Kerja Indonesia yang akan kembali ke Sumatera Utara melalui pelabuhan-pelabuhan tikus, dampak dari pemberlakuan Lockdown yang diterapkan otoritas Malaysia.

Pemerintah Sumatera Utara akan memastikan ribuan warga yang akan kembali ke Sumatera Utara itu tidak terpapar Covid-19, dengan melakukan tes kesehatan menggunakan alat Rapid Test.

“Untuk itu, apabila ditemukan ada hal-hal yang mencurigakan, maka akan dilakukan isolasi. Dan isolasinya di Medan ini,” ungkap Edy.

[frontpage_news widget=”1773″ name=”Baca Juga :”]

Selanjutnya kata Edy, pemerintah Sumatera Utara bersama Polda Sumut dan Kodam 1 Bukit Barisan, terus melakukan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian penularan Covid-19. Salah satunya dengan mengimbau warga untuk tetap menaati protokol yang berlaku dan menyemprotkan cairan disinfektan di rumah dan jalan-jalan.

Terkait kondisi kesehatan TKI asal Sumut yang akan pulang kampung, mengingat Malaysia sebagai negara terkonfirmasi terpapar wabah Corona. Edy mengatakan, untuk saat ini belum ditemukan adanya TKI asal Sumut yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Sementara belum didapatkan dan kita berharap tidak didapatkan,” pungkasnya.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed