oleh

Jenazah Covid-19 Kerap Ditolak, Pemko Medan Siapkan Lokasi Pemakaman Khusus

Rakyatsumut.com, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan pemakaman khusus bagi korban meninggal akibat virus Virus Corona Disease (Covid-19).

Lahan ini disiapkan sebagai upaya alternatif mengantisipasi hambatan yang belakangan ini terjadi berupa penolakan warga terhadap jenazah positif Covid-19.

“Pemko Medan sudah menyiapkan tempat pemakaman khusus jenazah yang meninggal positif corona. Hal ini kita siapkan karena selama ini ada hambatan seperti penolakan warga. Makanya kita siapkan tempat penguburan khusus, tim penanganan yang khusus serta alat penguburan yang khusus,” ujar Edwin di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (31/3/2020).

Edwin mengatakan, melalui upaya tersebut, tentunya proses penguburan jenazah positif Covid-19 tidak akan menjadi masalah di lingkungan masyarakat.

“Untuk penguburan korban yang meninggal kita sudah lakukan terlebih dahulu pengamanan dari rumah sakit. Jenazah sudah dibungkus plastik kedap dan peti yang dikunci sehingga tidak akan menularkan lagi,” katanya.

Dia mengimbau, masyarakat agar tidak lagi cemas dan ragu. Namun, hal penting yang harus dijaga proses penguburannya harus cepat sebelum 4 jam. Tim pengubur yang betul bisa bekerja maksimal juga sudah disiapkan, agar potensi penularan tidak terjadi.

“Kalau lokasinya nantilah kita informasikan. Yang pasti sudah kita siapkan,” ujar Edwin.

Laporan: Damai

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed