oleh

Gugus Tugas Imbau Pelayat Pasien PDP yang Meninggal Periksa Kesehatan

Rakyatsumut.com, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara Mayor Kes dr Whiko Irwan mengimbau agar para pelayat yang datang ke rumah duka supaya dapat memeriksakan kesehatannya ke sarana kesehatan.

Meski belum memastikan seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial SA yang meninggal di Rumah Sakit Madani Medan pada Senin (30/3/2020) positif Covid-19 atau bukan, namun Tim Gugus Tugas tetap menyarankan para pelayat dapat melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Untuk satu orang PDP yang meninggal di rumah sakit Madani belum mengkonfirmasi positif atau bukan. Kami mengimbau kepada para petakziah (pelayat) agar dapat memeriksakan diri ke sarana kesehatan terdekat atau ke RS Sari Mutiara,” kata Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumut itu, Senin (30/3/2020) sore.

Dikatakan Mayor Kes dr Whiko Irwan, terkait jenazah PDP di Rumah Sakit Madani yang meninggal, memang diberlakukan layaknya Suspect Covid-19, seperti pemulasan jenazah sesuai SOP yang berlaku di Sumut dari SOP Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan.

Lebih lanjut dikatakan Wiko, pemeriksaan kepada pelayat perlu dilakukan agar mengetahui statusnya apakah sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) atau Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Sejauh ini, Whiko mengaku, pihaknya akan mengkonfirmasi siapa saja para pelayat dengan mengkonfirmasi dan kemudian akan dilakukan pendataan. Namun sejauh ini, untuk karantina, sambung dia, memang masih belum dapat dilakukan.

“Sedangkan untuk riwayat perjalanan atas status PDP, kami belum mendapatkan riwayat secara rinci. Nanti bila ada akan kami sampaikan,” pungkasnya.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed