oleh

Tidak Diberi Uang, Sanggam Bakar Rumah Orangtuanya

Rakyatsumut.com, Seorang pemuda bernama Sanggam Hutagalung (40) warga Desa Parbubu II, kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara, membakar rumah orangtuanya, Senin (30/3/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kapolres Taput, melalui Kasubbag Humas Aiptu W. Baringbing kepada rakyatsumut.com membenarkan peristiwa tersebut.

“Permintaannya ditolak, Sanggam emosi dan membakar rumah yang ia tempati bersama orangtuanya,” kata Barimbing.

Baringbing menjelaskan, akibat kebakaran rumah yang dilakukan pelaku, sejumlah rumah tetangganya juga ikut terbakar, diantaranya, rumah milik Pima Lumbantobing (45), Bernat Lumbantobing (84), Oloan Lumbantobing (50), Jontan Lumbantobing (75) dan Harada Tobing (75).

Orang tua pelaku, Raima menjelaskan, bahwa saat ini kondisi kejiwaan pelaku memang sedang terganggu, dan beberapa tahun lalu sudah pernah dipasung.

“Tadi pagi Sanggam meminta uang, namun tidak saya berikan karena setiap hari selalu begitu saja. Sanggam marah dan mengambil mancis, kemudian membakar kain yang ada di rumah, sehingga api menjalar dengan cepat dan membakar rumah yang kemudian menjalar ke rumah tetangga,” kata Raima.

“Warga tidak sanggup untuk memadamkan api, lalu menghubungi pemadam kebakaran dari Tarutung. Api baru bisa dipadamkan, sekitar 30 menit kemudian dengan bantuan petugas dari Polres Taput dan Damkar di TKP,” jelas Baringbing.

Saat ini pihak kepolisian telah membuat police line di TKP serta mengamankan Sanggam di Polres Taput. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian materil diperkirakan berkisar 500 juta Rupiah.

Laporan: Paska Marbun

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed