oleh

Kabar Baik, Jumlah ODP Menurun dan Ribuan APD di Distribusikan

Rakyatsumut.com, Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara merilis data jumlah masyarakat di Sumatera Utara yang terdampak wabah Virus Corona, Minggu (29/3/2020).

Dari data yang dirilis, Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah mengungkapkan, terjadi penurunan terhadap jumlah orang dalam pemantauan di Sumatera Utara.

“Pada hari ini terjadi penurunan ODP di Sumut hingga 58,9% dari data sebelumnya,” kata dr Aris Yidhariansyah dalam live streaming.

Berdasarkan data sebelumnya pada Sabtu (28/3/2020), jumlah ODP di Sumut membengkak menjadi 4.064 orang. Namun pada hari ini terjadi penurunan jumlah 2556 ODP.

Dikatakan Aris, penurun jumlah tersebut disebabkan adanya penyesuaian kriteria dari panduan revisi 4 yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sementara pasien positif Covid-19 saat ini yang positif 14 orang, dua  orang diantaranya meninggal dunia dan 12 orang masih dirawat di rumah sakit. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) saat ini berjumlah 77 orang.

“Seluruhnya dirawat di tujuh kabupaten kota, yakni Pematang Siantar, Tanjung Balai, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Dairi dan Mandailing Natal,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Ari Yidhariansyah, bahwa saat ini logistik dan peralatan penanganan Covid-19 telah distribusikan ke kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Beberapa alat-alat yang mendukung penanganan Covid-19 seperti masker, APD, dan seluruhnya sudah didistribusikan kepada 18 kabupaten/kota se-sumatera Utara.

“Selanjutnya gugus tugas Provinsi Sumatra Utara akan segera mempersiapkan beberapa lagi rumah sakit rujukan dan tempat isolasi pasien Covid-19,” pungkasnya.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed