oleh

Dunia Perangi Pandemi Covid-19, Korea Utara Malah Luncurkan Dua Rudal Balistik

Rakyatsumut.com, Ketika dunia tengah memerangi pandemi virus Corona (COVID-19), Korea Utara malah sibuk dengan rudal. Kali ini, Korea Utara meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek di lepas pantai timurnya. Hal itu merupakan peluncuran rudal keempat yang dilakukan Korut.

Dikutip dari detikcom yang dilansir AFP, Minggu (29/3/2020), rangkaian latihan senjata itu dilakukan setelah hiatus panjang yang dilakukan Korut di tengah pembicaraan gencatan senjata dengan Amerika Serikat (AS) yang berlarut-larut. Juga setelah AS menawarkan bantuan untuk mengatasi pandemi Corona.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan Korut menembakkan dua proyektil itu, diduga sebagai rudal balistik, dari kota pelabuhan Wonsan ke Laut Jepang, yang juga dikenal sebagai Laut Timur.

“Tindakan militer semacam itu oleh Korea Utara adalah tindakan yang sangat tidak pantas ketika seluruh dunia mengalami kesulitan akibat wabah COVID-19,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Sementara, Kementerian Pertahanan Tokyo mengatakan proyektil itu jatuh di bawah perairan Jepang dan zona ekonomi eksklusif negara itu.

Korut sendiri belum mengeluarkan pernyataan mengenai peluncuran rudal-rudal hari ini. Namun, sebelumnya Korut menyebut tiga peluncuran lainnya pada bulan ini-yang semuanya mendarat di Laut Jepang-sebagai latihan artileri jarak jauh.

Laporan: Rommy

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed