oleh

Bupati Labuhanbatu Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan Virus Corona

Rakyatsumut.com, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe Pimpin rapat kordinasi bersama forkopimda tentang pemantauan, perkembangan dan pencegahan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kamis (26/3/2020).

Bupati menganjurkan, agar camat terus berkordinasi dengan kelurahan. “Pantau masyarakat yang keluar masuk di daerah masing-masing, baik yang baru keluar kota bahkan yang baru pulang dari Luar Negeri,” ucapnya.

Bupati juga berpesan,  agar Kepada dinas kesehatan dan RSUD agar selalu siap siaga bila ditemukan masyarakat yang positif terjangkit virus Covid-19.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat mengatakan, pihaknya selalu berupanya untuk melakukan pencegahan COVID-19 terhadap masyarakat, dengan cara menghimbau tentang budaya hidup bersih dengan cara cuci tangan yang benar melalui Polsek dan BhabhinKamtibmas.

“Mari kita sosialisasikan kepada seluruh lapisan Masyarakat khususnya Labuhanbatu harus paham dengan penularan COVID-19, jangan hanya kita saja yang memahami, namun harus sampai kepada masyarakat umum,” katanya.

Sementara, Kepala RSUD Rantauprapat dr Syafril Harahap menyebutkan, saat ini rumah sakit umum sudah menyediakan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, diantaranya Jas hujan, masker, topi, kacamata dan helm.

Disampaikan Safril, RSUD saat ini masih memiliki 29 APD dari 50 yang di rencanakan, dari yang ada ini kami takut masih jauh dari kata cukup.

“Untuk penyediaan obat obatan kita telah menyediakan obat anti virus dan farmasi kami juga telah memesan Tinofin ke Medan mudah-mudahan minggu depan sudah sampai,” bebernya.

Direktur juga mengaku, apabila ada pasien positif Corona. Rumah Sakit sudah menyediakan ruang isolasi dua tempat tidur di IGD.

Sampai saat ini, di Labuhanbatu tercatat 29 orang ODP (Orang Dalam Pantauan), rantau Utara ada 5 orang, Rantau selatan 10, pangkatan 7 orang, Bila hilir 5 dan teluk sentosa ada 2 orang.

Dinas kesehatan juga tetap memantau masyarakat labuhanbatu yang baru pulang dari luar daerah.

“Misalkan hari ini ada sekitar 17 orang mahasiswa di desa lingga tiga baru pulang dari Jakarta, ini sedang kita cari datanya dan akan kita lakukan pemeriksaan,” jelas Kadis Kesehatan Labuhanbatu Kamal.

Laporan: Anwar

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed