oleh

Covid-19, Bupati Taput: Sampaikan Informasi Edukatif

Rakyatsumut.com, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan meminta seluruh pihak agar menyampaikan informasi-informasi yang edukatif terkait covid-19.

“Sampaikan informasi yang benar dan mengedukasi masyarakat. Saat ini kita menghadapi situasi yang sulit, untuk itu kita harus saling menopang,” kata Bupati saat konfrensi pers di Balai Data Kantor Bupati Tapanuli Utara, Kamis (26/03/2020).

Dandim 0210/TU Letkol Roni Agus Widodo dan Kapolres Taput, Horas M. Silaen dan Sekda Indra Simare-mare, hadir dalam konferensi pers ini.

Bupati mengatakan, pihaknya bersama TNI dan Polri sebagai gugus tugas telah melaksanakan tugasnya semaksimal mungkin.

“Jangan memberi informasi yang membingungkan masyarakat, tetapi beri informasi yang menambah pengetahuan mereka tentang pencegahan virus Covid-19,” kata Nikson.

Sementara Nikson mengatakan, sampai saat ini belum ditemukan pasien positif terpapar virus corona di daerah itu.

“Mudah-mudahan seterusnya tidak ada, itu harapan kita bersama,” ujarnya.

Kendati belum ditemukan, Nikson menyebut segala upaya akan terus dilakukan menghambat penyebaran virus Covid-19.

“Tolong kita kawal bersama, kita awasi bersama, rajia-rajia terus dilakukan, tetap hindari keramaian dan tetaplah di rumah untuk kebaikan kita bersama,” katanya.

Wartawan Garda Terdepan Setelah Tenaga Medis

Sementara Dandim Roni Agus mengatakan, garda terdepan penanganan dan pencegahan Covid-19 adalah wartawan setelah tenaga medis.

“Bukan cuman tenaga medis sebagai garda terdepan, wartawan juga mari beritakan informasi yang ril, agar tidak menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat. Ditambah alat kesehatan kita sangat terbatas,” ajak Roni.

Dia menuturkan, pihaknya sudah mendapat instruksi langsung dari komando atas untuk menangani Covid-19 melalui gugus tugas. Di masa kritis ini, lanjut dia, Indonesia harus belajar dari Negara China.

“Dimana dalam penanganan cukup berhasil dan diakui oleh WHO,” katanya.

Pelanggar Maklumat Kapolri akan Ditindak Tegas

Kapolres Taput, Horas M. Silaen, mengajak seluruh masyarakat untuk tanggap Covid-19. Dia juga meminta awak media membantu tugas Polri dan TNI menyampaikan informasi seputar Covid-19 kepada masyarakat.

“Saya menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melawan Covid-19. Mari kita bergandengan tangan, dalam menangani Covid-19,” imbuhnya.

Kapolres menegaskan ia tak mau daerah itu terpapar virus mematikan itu. Karenanya ia meminta seluruh pihak membantu tugas-tugas yang mereka lakukan.

“Bila ada yang melanggar maklumat Kapolri, kami akan tindak tegas siapapun orangnya. Saya tidak ada kepentingan apapun, tapi untuk kepentingan masyarakat Taput kami tidak main-main,” ujar Horas.

Laporan: Paska Marbun

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed