oleh

Sambut Kebijakan Kemendes, Ini Anjuran Bupati Tapteng Kepada Kepala Desa

Rakyatsumut.com, Kepala Desa se Tapanuli Tengah, menyambut baik kebijakan Kementerian Desa tentang pemanfaatan Dana Desa yang diperbolehkan untuk penanganan penyebaran virus corona (covid-19).

Hal itu disampaikan Hasdar Efendi selaku Ketua P- APDESI cabang Tapanuli Tengah yang dikonfirmasi Rakyatsumut.com melalui telepon selulernya, Rabu (25/3/2020).

“Penggunaan Dana Desa untuk penanganan penyebaran COVID-19 sangat kami dukung karena Dana Desa seyogianya memang untuk kesejahtraan dan Kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Efendi menjelaskan, setelah ada petunjuk dari Kementerian Desa, kemudian Bupati Tapanuli Tengah, Bahktiar Ahmad Sibarani dengan cepat memberikan arahan tentang penanganan penyebaran virus corona di Tapanuli Tengah serta langkah yang harus dilakukan setiap desa.

“Sudah ada beberapa poin arahan dari pak Bupati, dan kami lagi proses Perubahan APBDes, khusus untuk penanganan penyebaran COVID-19,” bebernya.

Ia menjelaskan, contoh kegiatan yang akan dialokasikan dari Dana Desa adalah penyemprotan Disinfektan secara berkala di rumah-rumah penduduk dan rumah Ibadah, pembelian cairan byclean, pembelian cairan carbol, pembelian Cairan pembersih lantai, Pengadaan Masker, Pembuatan Baleho Cegah COVID-19, Pengadaan sarana  CTPS Cuci Tangan Pakai Sabun dan Pengadaan Sabun Cair Anti Septic.

“Nantinya akan kami adakan tiap Desa penyamprotan rumah-rumah penduduk dan rumah ibadah dan lokasi lainnya yang dianggap rawan dengan disinfektan, dan bahan lain dalam pencegahan,” pungkas Hasdar.

Laporan: Rommy

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed