oleh

Polda Sumut: Penyebar Hoaks Covid-19 akan Ditindak Tegas

Rakyatsumut.com, Informasi tidak benar atau hoaks terkait Covid-19 belakangan semakin marak beredar, ditengah situasi Indonesia yang tengah berjuang menghadapi wabah pandemi Virus Corona.

Tidak hanya berdampak pada simpang-siurnya informasi, hal tersebut juga menambah ketakutan di tengah masyarakat.

Menanggapi situasi yang terjadi, Polda Sumatera Utara menegaskan akan menindak setiap orang yang dengan sengaja menyebar informasi yang dapat meresahkan masyarakat.

“Bagi penyebar informasi tidak benar yang meresahkan masyarakat, ada sanksi hukum,” kata Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Komisaris Besar Polisi Tatan Dirsan Atmaja, Senin (23/3/2020).

Kata Tatan, ancaman terhadap setiap orang yang sengaja menyebarkan informasi tidak benar telah diatur dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik beserta sanksi hukum terhadap pelakunya.

Kepada masyarakat, kata Tatan, jika menerima informasi yang belum pasti kebenarannya, agar tidak mudah menyebarkannya ke orang lain.

“Jika mendapat informasi yang tidak benar, bisa melaporkan ke kita (polisi) di tingkatan Polsek.Telaah terlebih dahulu sebelum menyebarkan ke orang lain,” ungkapnya.

Polda Sumatera Utara mengimbau kepada masyarakat untuk mengakses informasi terkait penanggulangan penyebaran Virus Corona melalui call center yang tersedia. Jangan mudah terprovokasi dengan segala informasi yang sumbernya tidak jelas.

“Karena tidak hanya pembuat haoks yang akan dijerat, penyebar juga ada ancaman hukumnya. Tetap tenang dan selalu patuhi himbauan terkait penanganan Covid-19,” ucapnya.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed