oleh

Video Evakuasi Pasien Covid-19 di Mandala Beredar, Camat: Itu Hoaks

Rakyatsumut.com, Video evakuasi seorang pasien yang diduga Suspect Covid-19 kembali beredar di lini masa media sosial.

Dalam video berdurasi 19 detik itu terlihat dua petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) mengevakuasi sang pasien.

Terlihat beberapa warga yang menyaksikan proses tersebut mengabadikan menggunakan kamera ponsel. Dalam keterangannya, ditulis bahwa peristiwa tersebut terjadi di Jalan Negara Pukat 1 Mandala.

Sontak video dan keterangan yang beredar di aplikasi pesan singkat tersebut menjadi buah bibir warga dan menimbulkan keresahan ditengah masyarakat.

Menanggapi terkait video yang beredar tersebut, Camat Kecamatan Medan Tembung, Ahmad Barli Mulia Nasution mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan terkait informasi tersebut dan tidak ditemukan adanya warga Mandala yang dievakuasi petugas medis.

“Sudah kami cek, hasilnya tidak ada warga yang dikabarkan PDP di evakuasi dari Mandala. Dari semalam sudah dilakukan pengecekan,” jelas Barli, Minggu (22/3/2020).

Barli mengatakan sangat menyayangkan adanya informasi yang keliru tersebar di masyarakat ditengah situasi pandemi Virus Corona yang saat ini terjadi. Ia berharap masyarakat untuk lebih bijak dan tidak mudah percaya terhadap informasi yang belum tentu kebenarannya.

“Itu hoaks. Kami sudah sering mengimbau kepada masyarakat, jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya,” ungkapnya.

Berbagai upaya, lanjut Ahmad Barli, telah dilakukan. Misalnya pihak Puskesmas dan kelurahan yang melakukan imbauan melalui pengeras suara dan sosial media, agar tidak menyebar informasi yang dapat meresahkan warga.

Dijelaskan Ahmad Barli, terkait pandemi Covid-19, ada dua warga Medan Tembung yang awalnya diduga terpapar. Namun setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak Puskesmas, hasilnya negatif.

“Dua warga kita itu sudah diperiksa dan hasilnya negatif,” ujar Barli.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed