oleh

Update Data Covid-19 di Sumut, Pasien PDP 48 dan ODP Melapor 338

Rakyatsumut.com, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kembali mengumumkan data terbaru perkembangan penanganan wabah Virus Corona di Sumatera Utara.

Berdasarkan data yang ada, terjadi lonjakan signifikan baik jumlah yang dirawat maupun yang melapor, hingga Sabtu (21/3/2020) sore.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mengalami lonjakan signifikan dari 36 orang menjadi 48 orang yang dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di seluruh Sumut.

Lonjakan jumlah juga terjadi pada Orang Dalam Pemantauan (ODP), dari sebelumnya berjumlah 205 ODP menjadi 338.

“Untuk pasien yang berhasil sembuh ada tiga pasien. Sedangkan data pasien positif tetap dua orang. Satu diantaranya yang meninggal pada Selasa (17/3) lalu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Alwi Mujahit.

Alwi Mujahit berharap seluruh ODP yang telah melapor untuk tetap bisa melakukan isolasi di rumah. Karena bisa saja orang dengan status ODP dapat menularkan bilamana positif.

“Kami berharap ODP dapat dengan sukarela untuk tetap tinggal di rumah. Dengan demikian kita bisa memutus mata rantai penularan virus ini,” ungkap Alwi dalam siaran pers, Sabtu (21/3) petang.

Dikatakan Alwi, untuk melakukan tracking terhadap orang yang kontak erat dengan ODP, PDP atau pun positif, pihaknya sudah merekrut relawan dari unsur masyarakat. Dengan melibatkan pramuka, Mer-C dan beberapa organisasi kemasyarakatan serta pemuda dan dilatih untuk melakukan tracking.

Pihaknya juga saat ini masih menunggu alat rapid test corona. Alat yang digunakan untuk melakukan tes cepat kepada masyarakat atau pun yang berstatus ODP.

“Kami masih berharap, kalau ada yang ingin menjadi relawan silahkan bergabung dengan kami. Ini menjadi kekuatan melawan COVId 19,” pungkasnya.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed